PERPUSTAKAAN ANUGERAH DWIMULYO RAIH SERTIFIKAT TERBAIK NASIONAL

Dwimulyo.desa.id, Surabaya-Kabupaten Tulang Bawang mengikuti Kegiatan Peer Learning Meeting Nasional Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di surabaya pada tanggal 3 s/d 5 Desember 2019, dalam kegiatan ini masing-masing peserta dari Kabupaten terpilih mewakili Provinsi Lampung membuka Booth Festival Lapak Perpustakaan yang memamerkan hasil dari kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat di Perpustakaan Kampung.

Dalam sambutan nya Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan, salah satu agenda pembangunan Presiden Jokowi adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. “Prioritas pembangunan manusia yang unggul menjadi perhatian presiden,” kata Syarif, seperti dalam keterangan tertulisnya, saat Peer Learning Meeting nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Surabaya, Selasa (3/12/2019).

Salah satu upaya yang dilakukan Perpusnas untuk mencapai agenda tersebut adalah program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan literasi.

Dalam program tersebut, perpustakaan dibuat lebih nyaman, diberi koneksi internet cepat, dan disediakan koleksi yang tepat guna. Syarif menyatakan, transformasi perpustakaan telah berhasil mengubah wajah perpustakaan.

Hingga 2019, terdapat 334 perpustakaan desa dan kelurahan yang merasakan dampak positif paradigma baru perpustakaan. Bahkan di banyak daerah, perpustakaan telah menjadi motor penggerak ragam aktivitas masyarakat. Hal tersebut terwujud karena komitmen, sinergitas, dan kolaborasi banyak pihak.

Transformasi perpustakaan juga berguna dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang mengedepankan teknologi. Pada revolusi industri 4.0, dibutuhkan penguasaan literasi yang tinggi. Literasi sendiri memiliki empat tahapan,  antara lain kemampuan mengumpulkan sumber-sumber bahan bacaan, kemampuan memaknai yang tersirat dan tersurat, kemampuan menghasilkan ide, gagasan, dan kreativitas baru, serta kemampuan menciptakan barang dan jasa.

Dalam kesempatan yang sama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga memberikan apresiasi dan sertifikat kepada Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Nasional yang telah melaksanakan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang salah satu nya berasal dari Kabupaten Tulang Bawang, yakni Perpustakaan Kampung  Dwi Mulyo, Kec.Penawar Tama, Kab. Tulang Bawang yang telah  berhasil melaksanakan serta mengimplementasikan  Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial  di Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2019.(red ddn)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan