STAKEHOLDER MEETING PROVINSI LAMPUNG

dwimulyo.desa.id. 11 September 2019.  Pertemuan para pemegang kebijan Stakeholder Meeting Provinsi Lampung. Program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial, dilaksanakan di bandar Lampung kemarin (10/9) dan hari ini hari kedua.

Foto bersama para peserta Stakeholder Meeting Dok. : desa.id, Foto : Trisno:Foto Bersama para peserta Stakeholder Meeting 2019 di hotel Astoria Bandar Lampung Dok : desa.id, Foto by : Trisno

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial adalah sebuah program yang digulirkan oleh Perpusnas Republik Indonesia yang dimaluai sejak tahun 2018, dan sekarang merupakan tahun kedua. Program ini akan terus bergulir hingga akan dicapai kesuksesan yang akan dinaikmati seluruh masyarakat penerima dampak program ini.

Program Trasnformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial adalah sebauh program yang mengubah paradigma perpustakaan umum yang tidak hanya sebagai tempat membaca saja tetapi lebih dari sekedar itu memeiliki tugas khusus bagaimana perpustakaan sebagai wadah untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Penigkatan ekonomi ini dapat dilakukan perpustakaan melalui identifikasi masalah yang timbul di masyarakat kemudian dibantu uantuk dicarikan solusinya.


Perwakilan dari Perpusdes Anugrah Dwimuyo dari kiri Fatwa Nugraha Setia, Iklas Setia, dan Sutrisno  Dok : desa.id, Foto by : Trisno

Solusi yang dilakukan perpustakaan ini dapat berupa kegiatan pelatihan, bimbingan, pembinaan, dan lain-lain yang akan dilakukan oleh pengurus perpustakaan maupun oleh ahlinya. Dalam hal ini perpustakaan bisa sebagai mediator dan bisa sebagai konseptor, serta bisa sebagai tutornya.

Kadis Perpusnas menyampaikan sambutan pada hari ini (11/9) Dok :desa.id, Foto by : Trisno

Perpusda Provinsi, perpusda Kabupaten, Perpusdes yang terpilih dari setiap kabupaten  kemudian penerima dampak. Peserta yang inti adalah para pemegang kebijakan di tingkat Provinsi Lampung.

Pertemuan hari pertama membahas kegiatan dari tiga kabupaten yang mendapat Program ini, dimulai oleh Kabupaten Way kanan, kemudian disusul Kabupaten Lampung Tengah, dan ditutup oleh Kabupaten Tulang Bawang.

Paparan dari kabupaten Way kanan adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Perpusda dan oleh perpusdes. hasil yang ditunjukkan oleh penerima dampak adalah kesuksesan dalam pembuatan tas rajut. Kagiatan ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat terutama ibu-ibu dalam membantu menambah penghasilan keluarga.

Kabuapten lampung Tengah  diwaklili oleh Perpusdes Bina bangsa yang dikelola oleh Pak Nanang. Kemajuan -demi kemajuan hingga terakhir yang disampaikan adalah pemasangan wifi di Perpusdes Bina Bangsa yang digali dari dana desa.

Sebagai Penutup dari kabupaten Tulang Bawang yang disampaikan langsung oleh Kepala dinas Perpsda Kabupaten Tulang Bawang (Syarif Ali) kemudian dilanjutkan oleh Perpusdes Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Mulai dari kegiatan Kemah Perpustakaan, Pembuatan Pakan ternak dari limbah pertanian untuk  para peternak, Pelatihan vaksinasi unggas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang untuk Ibu-ibu Kelompok Wanita tani, dan disampaikan pula penerima dampak dari Kampung Dwimulyo.

Adalah Fatwa Nugraha Setia yang belajar di Perpusdes Anugrah Dwimulyo adalah seorang fotografer cilik yang beberapa kali menggondol juara diberbagai event ditiingkat kabupaten maupun provinsi, untuk lomba fotografer.

Pertemuan berakhir pukul 16.00. Rehat dilanjutkan malam hari.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan