KUNJUNGAN PEMBINAAN POLSEK PENAWARTAMA KE KAMPUNG DWIMULYO

dwimulyo.desa.id  03 Januari 2019. Kapolsek Penawartama yang baru M. Taufiq adalah sosok prbadi yang luar biasa. Kapolsek yang disiplin. Kapolsek yang religius. Semenjak beliau bertugas sebagai Kapolsek Penawartama beberapa gebrakan program dilaksanakan, dipacu untuk meningkatkan kinerja anggotanya.

Beberapa terlihat dimedia sosial sudah gencar publikasi anti hoax. Tak ayal membuat akun medsos Polsek Penawartama pun hampir setiap hari mengunggah materi materi keseharian yang mengedukasi para nitizen. Beberapa kegiatan yang nampak aktif sekarang akan lebih kelihatan aktif dan proaktif ketika sudah melalui media sosial. Polsek Penawartama mulai melek IT. Kekinian.

Peserta yang hadir dalam Pembinaan Bhabinkamtibmas Polsek Penawartama di Kampung Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

 

Tidak hanya penggunaan medsos yang gencar. Kegiatan kunjungan pembinaan pun juga sudah gencar. Membina masyarakat langsung. Membina aparatur dan bahkan secara khusus mengadakan pembinaan untuk peningkatan kapasitas linmas. Sebagai garda terdepan dalam menjaga stabilitas kamtibmas kampung.

Kunjungan kerja dalam rangka pembinaan hari ini (Rabu, 02 Januari 2019) dipusatkan untuk kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Dimulai pukul 14.00 WIB. Hadir dari polsek Kanit Binmas anggota bhabinkamtibmas.

Kepala Kampung Dwimulyo Sopan Setia, A.Md. menyampaikan ajakan giat siskamling (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

 

Hadir dalam kegiatan ini  Kepala Kampung Dwimulyo Sopan setia, A.md, BPK beserta anggota , LPM beserta anggota, RK dan RT,  anggota Linmas, Toga, tomas, dan toda. Pada kegiatan tersebut disampaikan himbauan atau penyuluhan tentang :

Harkamtibmas, peningkatan dan menggiatkan siskamling. Jadwal Siskamling setiap kelompok ronda kampung memiliki. Disiplin mengontrol setiap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Membentuk jaringan lintas linmas, baik dari dalam kampung maupun lintas kampung, dengan tujuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dengan segera dapat menghubungi linmas kampung tetangga. Memiliki nomor kapolsek khusu dalam hal ini Bhabinkamtibmas.

Kunjungan ini diharapkan menjadi awal kunjungan berkelanjutan (Dokumen ; desa.id, Foto by : TM)

 

Himbauan yang kedua berkaitan bahwa kini diera yang serba cepat ini. Peredaran narkoba sangat cepat. Bahkan tidak hanya dikalangan orang tua, bahkan sudah sampai pada anak-anak sekolah. Keluarga adalah sentral dalam pencegahan dini peredaran narkoba. Kita semua sudah sama-sama pahami betapa bahayanya dampak dari ketergantungan narkoba ini. Bagaimana jika keluarga kita yang mengonsumsinya? Untuk itu marilah kita bersama-sama peduli agar lingkungan kita bisa bersih dari barang haram tersebut.

Perjudian dadalah satu diantara penyakit masyarakat yang dapat meresahkan. Perjudian dalam bentuk apapun. Sekarang ini semakin banyak bentuk perjuadian. Bagaimana pencegahannya? Kita mulai dari diri kita, keluarga kita, lingkungan kita. Jangan sampai terjadi Linmasnya atau aparaturnya justru sebagai pemainnya. Jika sampai ini terjadi, ibarat membersihkan lantai dengan sapu yang kotor. Bisa bersihkah?

 

Menangkal berita hoax. Diera ,illenial ini banyak sekali berita-berita yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Masyarakat harus lebih cerdas. Jangan mudah mempercayai berita-berita yang isinya ada ujaran kebencian, hasutan, isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. tabayun dahulu, teliti atau klarifikasi. Langkah yang paling aman tidak ikut menyebarkannya.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur an Surat Al-Hujrat ayat 6 “Hai orang-orang yang beriman , jika datang kepadamu seseorang yg fasik membaww berita, maka telitilah dulu kebenaranya, agar kamu tidak mncelakakan kaum yang lain karena kebodohan ( kecerobohan )”

Himbauan selanjutnya tentang pesta demokrasi ( pileg dn pilpres 2019 ), boleh beda pilihan , tetap satu tujuan. Mari kita ciptakan kamtibmas aman damai kondusif. Jangan ikut menjelek-jelekan calon lawan. Kurangi perdebatan yang tidak ada manfaatnya. Gunakan persatuan kecederdasan dan kepedulian sesama menjadi landasan kita dalam mengikuti pesta demokrasi ini. Agar terlahir pemimpin dari sebuah pesta yang mendidik. Mengajak, tetap ciptakan stuasi aman damai kondusif dengan tidak terprovokasi oleh pihak siapapun dalam pelaksanaan pesta demokrasi pileg dan pilpres 2019.

Tampak dari anggota Bhabinkamtibmas menyampaikan arahan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Yang tidak kalah penting dalam menjaga persatuan kita adalah, mewaspadai kelompok-kelompok radikal dimanapun berada. KKelompok radikal adalah kelompok garis keras. Kelompok yang tidak akan menganggap bagi yang bukan kelompoknya. Atau kelompok yang menganggap sebagai musuh yang halal darahnya bagi yang tidak masuk dalam golongannya.

Dalam kegiatan sehari-hari didalam kampung. Akan ada ketentuan berkaitan dengan pengadaan hiburan. Misalnya batas waktu hiburan ( orgen tunggal , campursari , sintreng , kuda lumping , kendang kempul ) dari jam 08.00 s.d 18.00 Wib.

Dalam pertemuan ini himbauan yang tidak kalah penting juga yang berkaitan dengan tertib berlalulintas. Melengkapi surat menyurat. Memakai helm yang standar. Menggunakan kendaraan yang standar.

Terakhir disampaikan dan dilanjutkan dengan deklarasi pemilu damai 2019,  dan  Anti berita hoax. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga betul-betul dapat tercapai yang menjadi keinginan kita bersama. Bravo Polsek Penawartama.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan