TUTORIAL UNTUK PEMULA, MEMBUAT TULISAN DI WEBSITE DESA RATA KANAN DAN RATA KIRI

dwimulyo.desa.id   27 Desember 2018.  Website desa semakin hari akan semakin banyak yang menggunakannya. Bahkan sepertinya ada yang merasa harus berlomba dalam membuat berita maupun dalam mengisi konten-konten yang lain. Dalam Sideka banyak sekali konten-konten yang bisa diisi dan dikembangkan seseui dengan template yang sudah ada.

Sebagai seorang pemula, kali ini saya menyajikan bagaimana penulisan berita atau penulisan konten dalam desa.id agar tampil lebih menarik lagi. Penampilan menarik adalah syarat utama dalam sebuah website. Mengapa demikian? tidak akan pernah dilihat orang jika penampilannya saja sudah tidak menarik, acak-acakan, atau sering dibilang semrawut.

Klik menu tambah kemudian klik menu pos, adalah langkah dalam menambah konten di website desa (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)&lt

Untuk membuat berita atau konten yang disajikan bisa lebih menarik banyak yang bisa dilakukan oleh sang pengelola website desa. Bisa juga lebih banyak praktik mendalami, belajar dan terus belajar agar lebih bisa menguasai apa yang ada didalam fitur-fitur desa.id ini. Pada dasarnya desa.id ini sama dengan pengelolaan blogspot, atau wordpress.

Klik pos dan akan muncul pilihan isi kolom judul dan isi konten dalam ruang yang tlah disediakan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Pada kesempatan ini saya akan menyajikan bagaimana membuat tulisan yang kita muat bisa dibuat dengan rata kanan dan juga rata kiri. Mengingat didalam website ini tidak ada menu yang tersedia untuk rata kanan dan rata kiri tersebut. maka satu diantara caranya adalah menggunakan kode HTML. Kode khusus yang biasa digunakan dalam penulisan konten website.

Bagaimana memasang kode tersebut, dan kode apa yang harus dipasang? Baiklah kita mulai dari pertama: Setelah membuka website, kita klik tambah. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, satu diantaranya pilih pos. Setelah diisi judul dan konten yang akan disajikan, silakan dilihat menu disudut kanan atas tulisan ada dua menu visual dan menu teks. Pilihlah menu yang teks.

Pada gambar diatas pilih menu teks dan letakkan kode-kode html sesuai dengan petunjuk ( Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

baiklah setelah semua konten ditulis, beri kode

</p>

untuk setiap akhir paragraf, dan beri kode :

<p Style=”Text-Align : Justify”>

untuk setiap awal paragraf. Nah sebelum diterbitkan sebaiknya dicek dulu melalui dua menu diatas. Menu visual dan menu teks, pilih menu visual. Jika tulisaan sudah kelihatan rata kanan dan rata kiri, maka silakan diterbitkan.

Demikian tutorial sederhana untuk membuat tulisan rata kanan dan rata kiri dalam ngeblogging atau dalam penulisan website desa.id. Mudah bukan? selamat mencoba.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan