PERPUSNAS MELAKUKAN MONITORING PROGRAM REVITALISASI PERPUSTAKAAN UMUM DI TIGA KABUPATEN DI PROVINSI LAMPUNG


dwimulyo.desa.id
  21 November 2018. Program Revitalisasi Perpustakaan umum yang digUlirkan oleh Perpusnas adalah bagaimana meningkatkan fungsi perpustakaan umum dapat menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat. Kegiatan tersebut dengan melibatkan masyarakat. Secara khusus sebagai masyarakat sasaran adalah para ibu-ibu,  Pemuda, pengusaha mikro, pelajar, dan disabilitas.

Kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan dalam melibatkan masyarakat ini bertujuan meningkatkan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Memberikan dampak nyata kepada masyarakat sasaran, untuk dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan, yang  pada akhirnya berdampak memberikan meningkatkan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat.

Secara sederhana, wujud dari kegiatan revitalisasi ini adalah Perpustakaan melakukan kegiatan yang bisa memberikan dampak kepada masyarakat sasaran. Seperti perpustakaan sebagai sentra pelayanan TIK. Artinya Perpustakaan menyediakan layanan untuk belajar komputer. Perpustakaan sebagai sentra pelayanan keterampilan. Artinya bahwa perpustakaan menyediakan layanan untuk pelatihan keterampilan. Dan kegiatan-kegiatan serupa yang bermanfaat langsung sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar perpustakaan.

Program Revitalisasi ini, di Tahun 2018 untuk Provinsi Lampung mendapat tiga kuota untuk Perpusda Kabupaten. Kabupaten yang mendapatkan program Revitalisasi ini adalah Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Way Kanan, dan Kabupaten Tulang Bawang.

Pelaksanaan Program ini berlangsung di akhir Tahun 2018. Di Bulan November ini masih dalam kegiatan Monitoring, yang sebelumnya sudah dua kegiatan , yakni pelatihan Peningkatan Kapasitas Fasilitator di bandar Lampung dan dilanjutkan Pelatihan di Jakarta.

Kegiatan monitoring ini, dilakukan selama lima hari. Dimulai tanggal 19 sampai dengan 23 November 2018. Tim Monitoring dari Perpusnas ini dipimpin oleh Ibu Baidatul Chusnia, S.H. Adapun rencana rute kunjungan monitoring adalah , Senin, 19 November 2018 ke provinsi sekitar jam 13 (pesawat datang pukul 10an) menginap di Bandar Lampung. Selasa, 20 November 2018 Waykanan dan menginap di sana. Rabu, 21 November 2018 pagi kunjungan Waykanan langsung perjalanan ke Kabupaten Tulang Bawang dan menginap di sana. Kamis 22 November 2018 pagi ke Perpusda Tulang Bawang. Dilanjutkan ke Kabupaten Lampung Tengah. Selama ssatu hari. Hari berikutnya kembali ke Perpusnas.

Kepala Dinas dan Kearsipan Provinsi Lampung Ibu Herlina Warganegara, S.E., M.M. didampingi staf menerima tamu dari Konsultan Perpustakaan Nasional RI Ibu Baidatul Chusnia, S.H. dalam rangka tindak lanjut dan Monitoring Program Revitalisasi Perpustakaan Umum. Di tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Way Kanan, dan Kabupaten Lampung Tengah.

berkunjung ke way kanan, dan kami diperpusda smuanya disini meminta maaf atas kesederhanaan sambutan kami yg sangat sederhana, mdah2an dg adanya acara ini bs mnambah motifasi kerja kami, dan menambah keinginan untk lbih tau gmn sih way kanan itu… Untk ibuk nia dan temen2 yg lain di perpusnas… Terimakasih bnyak smuanya… Kata Bapak Ahmad

Disambut di Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung oleh Kadis dan staf ( dokumen : desa.id, Foto by : Agnes)

Bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan Ibu Dra. Yuliawati, M.M. ( Dokumen: desa.id, Foto by : Akhmad)

 

Kunjungan ke Perpustakaan Desa Bhakti Negara Way Kanan Ibu Baidatul Chusnia, S.H. didampingi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Way Kanan (Dokumen : desa.id, Foto by : Akmad)
Kunjungan ke Taman Baca Umpu Bhakti bersama Rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan ( Dokumen : desa.id, Foto by : Akmad)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan Ibu Dra. Yuliawati, M.M. mengajak Ibu Baidatul Chusnia, S.H. Tim Monitoring Program Revitalisasi Perpustakaan Umum dari Perpusnas. Mengujungi Perpusdes di Kampung Umpu Bhakti. kabupaten Way Kanan. Ikut bersama Tim PIC Perpusda Way Kanan. Hadir pula Kepala Kampung Umpu Bhakti dan Pengurus Perpustakaan desa tersebut.

Kunjungan ketiga adalah di Kabupaten Tulang Bawang.

Foto bersama seluruh pegawai di Perpustakaan Kabupaten Tulang Bawang ( Dokumen : desa.id, Foto by : Sundiana)
Bincang-bincang bersama Tim Monitoring dengan Dinas Perpustakaan Tulang Bawang ( Dokumen : desa.id, Foto by : Sundiana)
Tim Monitoring dari Perpusnas bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulang Bawang ( Dokumen : desa.id, Foto by : Sundiana)
Tim Monitoring dari Perpusnas disambut oleh Perpustakaan Kabupaten Lampung Tengah ( Dokumen : desa.id, Foto by : Deyna)
Bincang- bincang di Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Tengah dengan Tim Monitoring dari Perpusnas ( Dokumen : desa.id, Foto by : Deyna)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan