PEMBINAAN BPP PENAWARTAMA TERHADAP PKK DAN FORUM KWT SEBAGAI UPAYA MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI KAMPUNG DAN MENYUSUN PROKER 2019

dwimulyo.desa.id  17 November 2018.  Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang memiliki kantor di Kampung Tri Rejomulyo. Kepala BPP Kecamatan Penawartama Bapak Villius Winarno, S.P. Beliau seorang inspirator dan motivator dalam dunia pertanian di Kecamatan Penwartama. Melalui BPP kegiatan pertanian digalakkan setiap saat. Baik melalui Kelompok tani maupun secara perseorangan. Terjun langsung menggali dan mengembangkan potensi yang ada diwilayah setempat.

Kepala BPP Penawartama Bapak Villius Winarno (Paling Kanan) sebagai Narasumber pada pertemuan Forum KWT Srikandi Tama (Dokumen : desa.id, Foto by : Forum KWT)

Pertemuan rutin yang diselenggarakan oleh BPP Kecamatan Penawartama ini dilakukan setiap bulan sekali. Melalui Forum KWT, kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan dikampung-kampung secara bergilir. Forum KWT Srikandi Tama adalah forum untuk KWT se Kecamatan Penawartama. Forum ini terdiri dari empat belas kampung.

Pembinaan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP)  terhadap Forum KWT dan PKK se- Kecamatan Penwaartama ini dilaksanakan di Kantor BPP Kecamatan Penawartama. Jalan Poros Rawa Jitu Kampung Tri Rejomulyo. Pertemuan rutin Forum KWT di Bulan November 2018.

Pertemuan Rutin Forum KWT Srikandi Tama di Kantor BPP Kecamatan Penawartama (Dokumen : desa.id, Foto by : Forum KWT)

Pertemuan rutin kali ini yang hadir Kepala BPP sebagai Narasumber, ibu-ibu Kepala Kampung/Ketua Tim PKK se Penawartama, dan Forum KWT Srikandi Tama serta Pengurus KWT se-Kecamatan
Penawartma. Ibu Ketua TP PKK seluruh Kampung hadir dengan harapan bahwa program KWT ini dapat bersinergi dengan kebutuhan dan pengembangan potensi kampung masing-masing.

Pada pertemuan kali ini, ada beberapa hal yang dibahas, sebagai upaya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki kampung masing-masing. Setiap kampung diharpkan dapat mengembangkan potensi yang ada, menjadi sebuah usaha rumahan. Kemudian KWT diharapkan memiliki lahan produktif. Baik lahan pribadi maupun lahan kelompok KWT.

Setiap KWT agar dapat mengembangkan potensi yang ada menjadi produk unggulan (Dokumen : desa.id, Foto by : Forum KWT)

PKK adalah sebuah lembaga yang harus besinergi dengan lembaga-lembaga lain di dalam kampung. Satu diantaranya adalah Kelompok Wanita Tani. Kolaborasi in dapat menghasilkan hubungan yang bersifat mutualisme. PKK terus melakukan kerjasama dengan KWT untuk mewujudkan semua program yang telah disusun. Terutama adalah dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga.

PKK ini harus dapat memberikan dukungan penuh kepada semua kegiatan-kegiatan yang berada di jalur kampung. Khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang dimotori oleh kaum hawa. Kolaborasi dengan KWT ini dalam bentuk memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat agar berperan aktif dalam menjadikan lahan tidur menjadi lahan produktif. Mengembangkan potensi usaha rumahan agar lebih berkembang secara maksimal. Memberikan pelatihan – peltihan keterampilan ibu-ibu yang dapat menambah pemasukan yang bernilai ekonomi kepada anggota KWT.

PKK dan KWT dapat berusaha secara maksimal. Menciptakan dan mengembangkan komoditas unggulan disetiap kampung. Komoditas unggulan ini dapat digali dari potensi yang sudah ada maupun potensi yang mungkin bisa dikembangkan. Seringnya diadakan pelatihan tentang keterampilan produksi dan bagaimana pemasarannya adalah jalan yang harus ditempuh.  Kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap sebulan sekali, dua bualan sekali atau setiap saat. Sampai betul-betul memiliki produksi yang dapat meningkatkan ekonomi anggota secara nyata.

Pertemuan hari ini disesi terakhir, adalah kegiatan menyusun Program Kerja Forum KWT Srikandi Tama untuk tahun 2019. Program ini hendaknya dapat menjadi acuan dalam menyusun program KWT disetiap kampung. Dengan demikian dapat selaras antar kegiatan disetiap kampung sampai satu wadah di Forum KWT Srikandi Tama.

PKK dan KWT diupayakan untuk selalu berkolaborasi sehingga dapat mewujudkan produktifitas keduannya (Dokumen : desa.id, Foto by : Forum KWT)

BPP Kecamatan Penawartama telah melakukan gerakan yang memotori seluruh KWT di Kecamatan Penawartama. Kedepan diharapkan agar BPP secara nyata memandu dan memastikan produksi KWT ini  secara nyata dapat membantu peningkatan ekonomi anggotanya.

Sumber : Villius Winarno, S.P.

1 Comment

Tinggalkan Balasan