VERVAL PD UNTUK PERSIAPAN DATA PESERTA UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR TAHUN 2019 DI PENAWARTAMA

dwimulyo.desa.id 14 November 2018. Rapat rutin koordinator operator Sekolah Dasar di Kecamatan Penawartama bulan ini.  Rapat hari ini membahas perval PD untuk mempersiapkan data peserta Ujian Nasional Sekolah dasar tahun 2019.  Mengingat waktu yang semakin dekat maka harus sudah valid data calon peserta UN tersebut sebelum tahun 2019.

Pertemuan Khusus Operator Sekolah se Kecamatan Penawartama di SD Negeri 02 Sidoharjo ( Dokumen : desa.id, Foto by : Made, Edtor : TM)

Penawartama yang terdiri dari tujuh belas sekolah dasar, memiliki operator sekolah sebanyak satu operator setiap sekolah. Sekolah di Penawartama adalah sebagai berikut :

  1. SD Negeri 1 Trijaya
  2. SD Negeri 1 Sidomulyo
  3. SD Negeri 2 Sidomulyo
  4. SD Negeri 1 Sidoharjo
  5. SD Negeri 2 Sidoharjo
  6. SD Negeri 1 Tri Tunggaljaya
  7. SD Negeri 1 Tri Rejomulyo
  8. SD Negeri 1 Bogatama
  9. SD Negeri 2 Bogatama
  10. SD Negeri 1 Wiratama
  11. SD Negeri 1 Pulo Gadung
  12. SD Negeri 1 Dwimulyo
  13. SD Negeri 1 Sidomakmur
  14. SD Negeri 1 Trikarya
  15. SD Negeri 1 Rejosari
  16. SD Negeri 1 Wira Agung Sari
  17. SD Negeri 1 Kencana Mas
Pertemuan Operator Sekolah Se Kecamatan Penawartama kali ini mematangkan data calon peserta Ujian Nasional (Dokumen : desa.id, Foto by : Made, Edit : TM)

Persatuan operator ini dikomandoi oleh Bapak Agus Sutranjaya. Peran Operator adalah sangat vital bagi kelangsungan hidup sekolah. Karena sekarang ini hampir semua sudah berbasis data digital. Sehingga diperlukan keahlian dan ketelatenan khusus dan super kerja keras agar semua data dapat terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan.

Pertemuan Operator ini dilakukan hampir setiap bulan, di Kecamatan Penawartama agar diperoleh satu data sesuai dengan semboyannya (dokumen : desa.id, Foto by : Made, Editr : TM)

Data yang dikerjakan di sekolah adalah Data Pokok Pendidikan atau disingkat dengan Dapodik. Ini sudah menjadi hal yang mulai harus disiapkan, bahwa data digital ini akan membawa data lebih valid, akurat, dan efektif. Sekarang tidak hamya sekolah hampir semua menggunakan data digital. Misalnya kampung kini sudah menggunakan sideka, desa.id, prodeskel, siskeudes, sismindes, dan lain-lain. Untuk itu Guru dan sekolah sudah harus siap sejak dini agar kedepan akan lebih cepat dan akurat.

Kelas Enam Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah harus memiliki data yang valid sebelum Ujian Nasional dilaksanakan (dokumen : desa.id, Foto by : Made, Edtr : TM)

Untuk persiapan validasi data peserta diDapodik (data Pokok Pendidikan) maka OPS (operator sekolah) mulai kerja keras.

Setelah di iventarisasi data anak di aplikasi dapodik ternyata banyak nama atau tanggal lahir anak didik tidak sesuai dengan akte lahir anak.

OPS Penawartama dengan sigap menyikapi agar data anak didik betul-betul valid sesuai dengan akte lahir anak.berkumpul tukar “kaweruh” saling membantu agar datanya valid.

Setelah mendapat persetujuan Dinas pendidikan data yang di verval maka masih menunggu aproval dari dinas baru kemudian data singkron ke dapodik 2019. Semoga data dari bioun nanti tidak perlu perbaikan lagi.

Demikan OPS seluruh Penawartama dengan satu semboyan satu data sukses sambil ngopi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan