IR. ANANG PRIHANTORO HADIRI PELATIHAN BAGI PETERNAK DI PERPUSTAKAAN KAMPUNG DWIMULYO KABUPATEN TULANG BAWANG

dwimulyo.desa.id  (12 November 2018) Ir. Anang Prihantoro adalah anggota DPD MPR RI. Beliau juga Pembina pada Paguyuban Peternak Kambing dan Domba Lampung (PPKDL). Selain sebagai pemerhati beliau juga merupakan peternak yang cukup sukses di Lampung.

Ir. Anang Prihantoro terjun langsung melakukan pembuatan pakan ternak di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Minggu, 10 November 2018 bertempat di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo diadakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Industri oleh Paguyuban Peternak Kambing dan Domba Lampung. Kagiatan tersebut terbagi menjadi dua pertemuan. Pertemuan pertama berisikan tentang materi teori pembuatan pakan sedangkan pada hari kedua materinya adalah praktik pembuatan pakan ternak.

Ir. Anang Prihantoro didampingi Ketua DPRD Tulang Bawang memberikan pakan kepada kambing warga (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan pada hari Minggu tersebut diawali dari pukul 09.00 WIB. Agak siang, karena sebagian besar selain peternak masyarakat diseputar perustakaan adalah para pekebun terutama karet. Sehingga waktu pagi adalah waktu paling efektif untuk  bekerja di kebun karet.

Seusai praktik pembuatan pakan Ir. Anang Prihantoro mengajak diskusi para peternak di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Ir. Anang Prihantoro hadir di Perpustakaan  Amemilikiwimulyo tepat pukul 08.30 WIB. Kemudian setelah memberikan arahan kepada perpustakaan dan dilanjutkan dengan menyerahkan bahan pustaka kepada perpustakaan. Penyerahan ini diterima langsung oleh Kepala Pengelola Perpustakaan Ibu Insaf Setia, S.Pd. bahan Pustaka yang diberikan berupa buku  Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak. Buku saku yang terdiri dari lima belas halaman. Buku saku yang dikeluarkan oleh PPKDL ini dibuat Tahun 2018, yang diketuai oleh Bapak Anhar Faisal Fanani, S.P., M.Si.

Ir. Anang Prihantoro bersama Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang dan Kepala Kampung Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Pada sambutan buku tersebut, Ir. Anang Prihantoro menyampaikan sambutan selaku Pembina PPKDL. Budidaya kambing dan domba banyak diminati oleh masyarakat di pedesaan. Usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Tidak memerlukan biaya besar.

Pengarahan dari Pembina PPKDL Bapak Ir. Anang Prihantoro, tentang cara berternak yang kreatif, inovatif, edukatif, dan produktif (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Namun bagi oeternak yang memiliki jumlah agak banyak, misalnya diatas sepuluh ekor. Maka hal yang apling menjadi kendala adalah pakannya. Mengandalkan “ngarit” rumput dan mencari hijauan pakan ternak bukan pekerjaan mudah. Tidak jarang petani harus mengabdi pada ternak alias menjadi “tukang ngarit” Yang hampir seluruh waktunya untuk bergumul dengan ternaknya.

Penyerahan bantuan bibit indigofera dari PPKDL kepada para peternak di Kampung Dwimulyo (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

Para pengurus PPKDL (Paguyuban Peternak kambing dan Domba Lampung). Membaca dan mempelajari hal itu dengan seksama. Akhirnya menjadikan salah satu program unggulannya. Yaitu membuat pelatihan pakan ternak bagi seluruh anggotannya dan para peternak kambing/domba di Lampung.

Bapak Sopii, S.H. Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang juga menyampaikan selamat kepada para peternak agar pelatihan ini dapat membawa manfaat (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Menyadari animo yang sangat besar dikalangan peternak, maka PPKDL terus melakukan inovasi dan melakukan edukasi yang relevan dengan kondisi masyarakat lokal. Artinya menyesuaikan potensi daerah masing-masing.

Prosesi penyerahan bahan Pustaka dari PPKDL kepada Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Sebagai Penasehat PPKDL saya mengapresiasi niat baik, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas para Pengurus PPKDL selama ini. Semoga Pelatihan ini dapat memberi manfaat dan menambah semangatnya para peternak. Sekaligus berkontribusi pada pembangunan peternakan di Provinsi Lampung.

Foto bersama seusai Pelatihan para peternak, Kepala kampung, ketua DPRD, dan Bapak Ir. Anang Prihantoro (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan