Pesan Ketua DPRD Tulang Bawang dalam Menyikapi “Hoax” di Tahun Politik

 

dwimulyo.desa.id

Tahun 2018 memasuki tahun politik, tahun yang merupakan tahun akan banyak peristiwa politik. Secara sederhana pada tahun ini akan ada perang politik dalam perlombaan perebutan kursi- kursi jabatan. Kursi presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Alangkah banyaknya orang yang akan terlibat. Baik sebagai pemilih maupun yang akan dipilih.

Tahun politik adalah tahun diselenggarakannya Pemilu. Hajat besar Indonesia setiap lima tahun sekali. Sejalan dengan perkembangan zaman, kini ada pula istilah pemilihan serentak. Artinya ini masa- masa berlomba untuk jabatan semakin ramai.

Dalam perkembangannya semua semakin canggih. Dalam promosi program sekarang ini tidak hanya bersifat manual. Promosi program juga sudah memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Beberapa istilah yang sering digunakan sebagai medianya didunia maya adalah medsos dan website.

Beserta seluruh Jamaah Dzikir Manakib MWC NU Penawartama Ketua DPRD Tulang Bawang, menyanyikan lagu Indonesia Raya (dokumen : desa.id, Foto by : Hi. Mahmud)

Promosi yamg dilakukan dengan baik, akan berdampak pada terlahirnya simpati. Tetapi sayangnya tidak semua melakukan promosi. Tetapi sebaliknya ada beberapa cara yang dilakukan dengan cara-cara kurang terpuji. Kampanye dengan sistem menyerang dengan memprovokasi dan menyebarkan berita- berita palsu, atau yang kita sebut dengan “hoax”.

Sekarang ini dengan adanya dunia maya yang serba cepat, akan berdampak juga berita juga akan beredar dalam hitungan detik dengan jarak yang dapat terkontrol. Jika berita yang sekarang sedang viral dan berita itu palsu, maka dapat dipastikan akan ada yang sangat dirugikan dengan beredarnya berita itu. Misalnya dapat menimbulkan kesan bahwa negara ini tidak aman lagi, tidak nyaman lagi, serba ketakutan, meresahkan, dan lain-lManakib

Pada Pengajian Dzikir Sholawat Manakib MWC NU Kecamatan Penawartama yang dadakan di Dwimulyo pada Minggu, 04 November 2018. Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang menyampaikan secara khusus agar kita lebih banyak belajar dan tidak langsung menerima semua berita yang diterimanya.

Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang menghadiri Dzikir Manaqib di Dwimulyo ( dokumen : desa.id, Foto by : Hi. Mahmud)

Bagaimana menyikapi berita-berita yang beredar semakin gencar ditahun-tahun politik seperti sekarang ini? Berkut beberapa tips, yang pertama kenali judul berita yang sensasional dan provokatif. Ini biasanya dengan langsung menuduh pada objek atau sasaran yang dituju. Selanjutnya cermati alamat situs. Situs resmi biasanya tidak bersifat provokatif. Sekarang ada ribuan situs yang tidak resmi yang memuat berita.

Kemudian cek ulang faktanya. Jika kita tidak yakin benar, maka sebaiknya jangan ikut menyebarkan berita tersebut. Bisa juga cek keslian foto atau ikut group-group antihoax.

Bapak Sopi’i, S.H. menyampaikan cara bersikap terhadap hoax di tahun politik (dokumen : desa.id, Foto by : Hi.Mahmud)

Demikian beberapa pesan yang disampaikan oleh Bapak Sopi’i selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tulang Bawang pada acara tersebut.

Mari kita jadi masyarakat yang melek politik dan melek IT. Sehingga akan lebih santun dalam bertindak. Bertabayun dulu sebelum menyampaikan sesuatu ke ranah publik.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan