Ketua DPRD Tulang Bawang Hadiri Dzikir Manaqib MWC NU Penawartama di Dwimulyo Bulan November 2018

 

dwimulyo.desa.id 04 November 2018. Pengajian dan Dzikir Manaqib MWC NU Kecamatan Penawartama pada Bulan November 2018. Dilaksanakan di Kampung Dwimulyo, tepatnya di hari Minggu, 04 November 2018. Dihadiri para unsur uspika, Ketua DPRD Tulang Bawang. Pengurus NU Kecamatan Penawartama. Semua Kepala Kampung se-Kecamatan Penawartama. Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Penawartama.  Tokoh agama, ustadz dan Kyai se-Penawartama.  Babinsa Kampung Dwimulyo. Banser yang ada di Kecamatan Penawartama. Jamaah Dzikir Manaqib diseluruh kampung yang ada di Kecamatan Penawartama.

Jamaah Dzikir Manaqib sedang menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilajutkan dengan Mars NU (Dokumen ; desa.id, Foto by : Yudi)

Acara pertama setelah pembukaan dilanjutkan dengan Pembacaan Qiroah oleh Ibu Siti Munawaroh dari Kampung Sidoharjo. Setelah itu dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars NU. Acara berikutnya adalah sambutan oleh Bapak Kepala Kampung Dwimulyo Bapak Sopan Setia, A.Md. Dalam sambutannya Bapak Kepala Kampung menyampaikan : Kampung akan menbangun Masjid Jami’

Ribuan Jamaah yang hadir dalan Dzikir Manaqib MWC NU Penawartama di Kampung Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : Yudi)

Sambutan berikutnya adalah Ketua MWC NU Kecamatan Penawartama, Bapak Jarkoni. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa pesan sebagai berikut : Marilah kita jalankan rutinitas kita dzikir manaqib ini setiap hari Minggu Pon. Pada hari ini rencananya akan diadakan acara pelantikan Banser. Tetapi kerana Banser berkeinginan pelantikan dilaksanakan dalam sebuah acara sendiri.

Acara inti Dzikir Manaqib yang dipimping Langsung oleh Mbah Yai Kamaluddin (Dokumen : desa.id, Foto by : Yudi)

Pada acara ini diisi oleh kelompok Hadroh Nurul Qur an dari Dwimulyo dan Kelompok Nurul Qur an dari Kampung Sidomulyo. Kelompok Hadroh ini dipelopori oleh anak-anak remaja. Hadroh yang tampil saat  ini adalah hadroh baru yang terbentuk sejak tahun 2018 ini.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Suwardi, S.Pd. selaku Camat Penawartama.  Kegiatan -kegiatan ditingkat Kabupaten Tulang Bawang hendaknya Banser ikut berpartisipasi aktif. Pajak Bumi Bangunan terhitung dari Bulan November 2018 sudah lunas semua 100% se Kecamatan Penawartama. Warga agar berhati hati dan selalu menggunakan pengaman ketika berkendara, misalnya menggunakan helm jika sedang bermotor. Banser juga harus cerdas dan berilmu, jangan seperti ada peristiwa pembakaran bendera di daerah lain. Bagitulah pesan-pesan yang disampaikan oleh Bapak capat Penawartama.

Bagian Konsumsi Prasmanan Dzikir Manaqib MWC NU Kecamatan Penawartama di Kampung Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : Ummu Rara)

Sambutan berikutnya adalah oleh Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Bapak Sopi’i.  Setelah menyampaikan salam beliau menyampaikan beberapa pesan, yaitu: Tahun ini memasuki tahun politik. Tahun yang orang akan menjadi Presiden. Tahun orang yang berlomba untuk menjadi anggota DPRD baik Kabupaten, Provinsi, dan Republik Indonesia. Kedepan jika Banser menemukan bendera yang kita tahu itu bendera apa itu laporkan ke yang berwajib. Jangan dibakar sendiri. Kemudian berita yang saat ini sedang viral adalah soal penculikan, Berita yang menyebar tersebut adalah berita bohong, atau berita hoax. Masyarakat harus cerdas terhadap berita-berita yang masuk ke kita. Agar kita tidak juga ikut menyebarkan berita-berita hoax. Pada tahun depan agar bisa dianggarkan pengajian di tingkat Kampung dapat anggaran khusus dari Kabupaten Tulang Bawang. Pertahun dapat Rp20.000.000 per kampung per-tahun untuk dana pengajian rutin. Dapat program umroh tahun ini se Kecamatan Penawartama dapat jatah untuk empat orang. Demikian program-program yang digulirkan dan akan digulirkan oleh Kabupaten Tulang Bawang untuk kampung-kampung di Tulang Bawang dan khususnya untuk kampung-kampung di Kecamatan Penawartama.

Hadroh yang mengisi kegiatan Dzikir Manaqib ini adalah Nurul Qur an dari Dwimulyo dan Sidomulyo (dokumen : desa.id, Foto by : Bilal)

Setelah beberapa sambutan dari beberapa tokoh dan pejabat, dilanjutkan acara Dzikir Sholawat manaqib. Pada acara ini dipimpin langsung oleh Mbah Kyai Kamaluddin dari Tri Rejomulyo.  Dimulai dengan mendoakan jamaah dan khusus untuk Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan ini dimulai tepat pukul 15.00 oleh Mbah Kyai Kamaluddin.

Banser dan Linmas bekerjasama dalam merapikan jamaah dan parkir kendaraan (Dokumen : desa.id, Foto by : Yudi)
Parkir kendaraan roda empat, ditempatkan secara khusus oleh Panitia (Dokumen : desa.id, Foto by : Ummu Rara)

Dzikir Sholawat Manaqib bulan ini yang bertepatan di Kampung dwimulyo memiliki tema. “Dengan Dzikir Manaqib marilah kita wujudkan persatuan dan kesatuan umat Islam Kecamatan Penawartama dan Khususnya Kampung Dwimulyo. Sesuai dengan kondisi tahun politik ini diperlukan perhatian khusus dan berkelanjutan tentang persatuan dan kesatuan lebih dikedepankan daripada hanya sekedar berbeda pilihan, berbeda pemikiran dan perbedaan-perbedaan kepentingan yang lain.

Kegiatan Dzikir Sholawat Manaqib ini dilaksanakan disetiap Minggu Pon, artinya setiap 35 hari sekali. Dzikir Manaqib digilir dari kampung satu kampung ke kampung berikutnya. Kecamatan Penawartama memiliki empat belas kampung. Artinya tidak satiap tahun kita mendapatkan jatah giliran sebagai tuan rumah. Bisa satu tahun setengah bisa dua sampai tiga tahun baru mendapat giliran sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini selesai tepat sholat ashar. Semoga kegiatan ini membawa barokah dan ridho dari Allah Yang Mahakuasa. Aamiin.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan