Pelatihan Keterampilan di Perpustakaan Anugrah sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dwimulyo

dwimulyo.desa.id  (01 November 2018). Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo merupakan perpustakaan desa. Perpustakaan yang pernah menjadi Juara Provinsi pada Lomba perpustakaan desa ini berdiri sejak tahun 2011.  Perpustakaan ini sejak bersiri selalu aktif bergerak dalam berpartisipasi mencerdaskan masyarakat. Sesuai dengan era sekarang dan sesuai dengan program pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang mengadakan Program Revitalisasi Perpustakaan Umum sebagai Purpustakaan Insklusi Sosial sejak tahun 2018 ini.

Peserta Pelatihan Berkelanjutan KWT belajar komputer di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Perpustakaan Anugrah yang dikelola oleh Ibu Insaf Setia, S.Pd. ini tak pernah behenti untuk melakukan aktifitas perpustakaan.  Bebagai aktifitasnya adalah kegiatan yang bertujuan tidak hanya untuk mencerdaskan masyarakat saja. Tetapi banyak kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Berikut ini beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat :

Praktik vaksinasi unggas oleh anggota KWT di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Belajar Membuat Kue berbahan baku dari singkong. Ini dilakukan Perpustakaan pada tahun 2015 dan Tahun 2016 serta tahun 2017. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu disekitar perpustakaan. Peserta belajar membuat roti ini diikuti oleh lima sampai sepuluh orang. Tetapi pada tahun 2015 ketika  itu ada Tim Sajubu (satu Juta Buku) dari Jakarta yang hadir pesertanya lebih dari empat puluh orang. Pada saat itu keu yang dibuat adalah Kue Sumbu isi buah naga.

 

Kegiatan yang tidak kalah menarik adalah kegiatan, vaksinasi unggas dari yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang.  Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Mulya. Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo.  Kegiatan ini diadakan dalam satu hari. Kegiatan ini di Tahun 2018 awal. Kegiatan ini langsung diisi oleh Petugas dari Dinas Pertanian Tulang Bawang. Ada 8 orang yang hadir pada saat itu.

Pelatihan vaksinasi unggas oleh Dinas Pertanian Tulang Bawang di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo ( dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan selajuntnya adalah pembinaan  Komputer berkelanjutan, kegiatan ini diikuti oleh KWT. Kegiatan ini diikuti oleh tiga sampai lima orang, hanya sedikit, tetapi sangat antusias. Kegiatan ini adalah kegiatan berkelanjutan. Artinya adalah kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan. Atau kegiatan yang dilakukan beberapa kali, tidak hanya dalam satu kali pertemuan. Kegiatan ini dilaksanakan di tahun 2018 dan bisa berakhir sampai tahun 2019. Kegiatan ini memiliki target bahwa peserta pelatihan sampai bisa menggunakan komputer dasar.

Pemberian obat vaksinasi unggas pada pelatihan di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan terakhir yang dilaksanakan di Bulan November ini adalah kegiatan Pengelolaan Pupuk dari Kotoran hewan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Anggota DPR RI yang membidanginya. dan tutor dari peternak yang cukup sukses dari Bandar jaya Lampung Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh semua peternak kambing dan sapi yang ada di Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, sehari pertama berisi materi-materi teori dan pada hari berikutnya diisi dengan praktik pengolahan pupuk.

Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan masyarakat khususnya bagi peserta yang mengikuti pelatihan kegiatan ini. Kegiatan ini akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Kegiatanyang dilakukan di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo, ini bertujuan menjadikan masyarakat menjadi sejahtera.

Gedung Perpustakaan Dwimulyo Sebagai Pusat Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui kegiatan Pembinaan dan Pelatihan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat ini semua dipusatkan di Perpustkaan Anugrah Dwimulyo Kecamatan Penawartama kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan