PRAMUKA, KWARTIR RANTING KECAMATAN PENAWARTAMA BAGAIKAN MUTIARA YANG TERBENGKALAI?

dwimulyo.desa.id   / 30 OKTOBER 2018. Gerakan Pramuka adalah sebudah wadah untuk kegiatan pramuka, pada saat ini banyak sekali jenis kegiatan pramuka yang diadakan oleh gugus depan, kwartir ranting, dan bahkan oleh kwartir cabang atau kwartir daerah. Kegiatan ini sangat diperlukan oleh anak-anak didik karena banyak sekali mengandung unsur pendidikan atau nilai edukasinya. Kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan kondisi masing-masing baik kondisi keuangan maupun kondisi sumber daya manusianya.

Pramuka memiliki beberapa keistimewaan, keistimewaan pertama Pramuka itu landasan hukumnya adalah Undang-Undang nomor 12 Tahun 2010.  Bila dibandingkan dengan desa rata-rata dasar hukumnya adalah permendagri, begitu juga dengan  dunia pendidikan landasan hukumnya adalah Permendiknas. Tetapi Pramuka adalah undang-undang. Keistimewaan kedua adalah anak usia emas (golden age) di Parmuka berada dalam satu masa, yakni masa Siaga. sedangkan dipendidikan formal justru berada didua masa, yakni masa PAUD dan masa Sekolah Dasar. Artinya membutuhkan sebuah adaptasi baru dari masa Pendidikan Usia Dini ke masa Sekolah Dasar. Masa adaptasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dapat mengganggu proses perkembangan otak.

Pramuka Bagaikan Mutiara yang Terbengkalai, Ka Kwarran Penawartama Kak Trisno (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Perkembangan otak masa ini, masa usia emas adalah berkembang sebesar 80%, sedangkan sisanya adalah berkembang setelah lewat usia emas. Mengapa usia ini sangat penting, usia ini adalah usia yang membutuhkan perlakuan khusus, pendidikan khusus, sehingga perkembangan otaknya dapat secara maksimal berkembang. Keistimewaan Pramuka yang ketiga adalah dalam Pendidikan pramuka ada pendidikan karakter, disiplin, religi, keterampilan, dan menyenangkan. artinya komplit bahkan sangat jelas sekali setiap latihan pramuka pasti akan ada permainan, baris-berbaris dan lain-lain. Artinya sangat komitmen akan pendidikan karakter dan kedisiplinan serta pendidikan yang menyenangkan. Dalam istilah pembelajaran menggunakan pembelajran paikem, atau paikem gembrot, paikem gembira dan berbobot. Sedangkan untuk pendidikan karakter di Indonesia baru dicanangkan pada tahun 2011 melaui 18 karater bangsa Indonesia. Bagaimana dengan Pramuka karakter sudah ada sejak adanya Dasa Dharma Pramuka.

Dalam pendidikan, dalam satu kelas hanya diajar oleh satu orang guru, sedangkan dalam pramuka selalu oleh dua orang. Satu orang pembina dan satu orang pembantu pembina.  Artinya di pramuka lebih ideal untuk pendidikan yang sebenarnya. Keistimewaan keempat adalah di Pramuka ada yang namanya Satuan terpisah, sementara di pendidikan formal, tidak demikian. Pramuka lebih mendekati religi yang mengajarkan menjaga jarak antara laki-laki dan perempuan.  Ini perlu ditanamkan kepada peserta didik sejak dini, agar mereka bisa mengendalikan diri dalam bergaul di keseharian mereka.

Pramuka Bagaikan Mutiara yang Terbengkalai, Terkendala pendanaan disetiap kegiatan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

keistimewaan Pramuka berikutnya adalah, kegiatan pramuka banyak di lapangan dan banyak kegiatan terapan. Ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak didik. Karena akan semakin banyak indera yang terlibat sehingga akan memberi pengaruh terhadap perkembangan anak akan semakin baik. Keistimewaan lainnya adalah kegiatan di Pramuka sangat variasi dan menyenangkan, serta bermafaat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana kegiatan kemah, maka akan ada disana kegiatan seperti praktik hidup di dunia nyata. Memasak, mandi sendiri, membersihkan lingkungan sendiri, mengerjakan tugas sendiri, dan belajar bersosial secara nyata.

Kegiatan pionering adalah kegiatan yang mengajarkan anak secara mandiri membuat peralatan untuk kebutuhan hidup sehari-hari secara sederhana didasari dengan keterampilan tali-temali.  Kegiatan ini akan bermanfaat di dunia nyata bagi anak-anak.  Keistimewaan lain di Pramuka adalah, Pramuka dibentuk dalam regu, atau kelompok. jadi kerjasama itu sudah ditanamkan sejak dini. Kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi. Pandai sendiri juga tidak terlalu berpengaruh ketika tidak bisa mengerti kondisi sesama anggota. Menolong sesama anggota dan begitu sebaliknya demi kebersamaan yang  merasa lemah juga akan belajar lebih giat lagi agar bisa mengimbangi temanya dan tidak menjadi beban anggota yang lain.

Pramuka Bagaikan Mutiara yang Terbengkalai, Pramuka Banyak Keistimewaanya bagaikan Mutiara (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Keistimewaan berikutnya adalah Pramuka itu melatih kepemimpinan, sejak dini dilatih kepemimpinan. Karana dibentuk kelompok, secara otomatis ada yang menjadi pemimpin kelompok. Sehingga seorang pemimpin dituntut untuk lebih memahami anggotanya, memperhatikan anggotanya, menentukan strategi untuk mengerjakan tugas dan bersaing dengan kelompok lain.

Begitulah keistimewaan pramuka yang begitu banyak. Dan masih banyak sekali keistimewaan-keistimewaan yang lain. Tetapi mengapa diakhir-akhir ini pramuka seringkali terkendala ketika akan mengadakan kegiatan?

Perkemahan adalah hal yang paling menggembirakan bagi anak-anak (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Misalnya Kwartir Ranting yaitu pengurus gerakan pramuka ditingkat kecamatan  akan mengadakan kegiatan kemah bhakti dalam rangka HUT Pramuka. Kendala pertama adalah soal pendanaan. Akhir-akhir ini uang BOS tidak boleh untuk iuran pramuka, atau iuran dalam bentuk apapun. Sementara Kwartir ranting tidak memiliki sumber dana. Sementara payung hukumnya hanya pramuka boleh didanai dari iuran anggota. Sementara sumber dananya mengatakan bahwa dana ini (baca=BOS) tidak boleh untuk iuran dalam bentuk apapun jenis iuran.

Pramuka Bagaikan Mutiara yang Terbengkalai, Pramuka Banyak Edukasi Terapan (Dokumen : desa.id, Foto by : SMP 1 BA)

Begitu juga dengan Kwartir Cabang yaitu pengurus gerakan pramuka ynag berada ditingkat kabupaten, kalau untuk peserta boleh, biaya pengiriman peserta dalam rangka kegiatan kepramukaan. tetapi untuk akomodasi Penyelenggaranya tidak ada biaya yang pas dan boleh diambilkan dari dana BOS. Ini dilemanya.

Kegiatan Pramuka selalu menyenangkan bagi peserta, kegiatan diskusi Dewan Kerja ranting (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Bagaimana  dengan sekolah yang merupakan gugus depan atau pangkalan yang memiliki sumber dana yang jelas ada? Tidak menjadi masalah. Hanya yang belum dilaksanakan untuk saat ini adalah kegiatan yang sesuai dengan aturan: Yaitu yang pertama sistem Blog, ini dilaksanakan kegiatan pramuka disaat PLS (Pengenalan Lingkunga Sekolah) atau masa MOS. Kegiatan pada masa ini diberikan sebanyak 30 jam pelajaran.  Kegiatan ini dilakukan setahun sekali pada saat MOS. Tetapi sangat jarang sekali sekolah yang sudah menerapkannya. Kemudian kegiatan Terintegrasi yakni dua jam pelajaran seminggu untuk kegiatan pramuka yang terintegrasi dengan pelajaran-pelajaran dalam jadwal belajar dalam satu minggu. Kegiatan ini wajib untuk semua peserta didik. Sedang untuk kegiatan blog hanya wajib untuk peserta didik baru. Kegiatan terakhir adalah kegiatan kepramukan reguler. kegiatan inilah yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan disetiap sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang berminat saja. Jadi yang tidak berminat tidak ikut. berbeda dengan yang sistem blog dan sistem terintegrasi.

Pramuka Bagaikan Mutiara yang Terbengkalai, Kegiatan Memasak oleh anak-anak Pramuka (Dokumen : desa.id, Foto by : SMPN1BA)

Inilah keistimewaan-keistimewaan gerakan kepramukan yang sudah sangat jelas dan tidak diragukan lagi. Tetapi pada kenyataanya sangatlah merana dalam pelaksanaan kegiatan karena terkendala pendanaan yang tidak jelas sumber dananya. Khususnya untuk Kwartir ranting, kwartir cabang. Bagaikan sebuah mutiara yang terbengkalai.

Bagaimana menurut Anda, setidaknya begitulah kondisi Kwartir ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan, untuk sementara ini, tetapi untuk sementara ini dimulai dari Tahun 2016 sampai dengan sekarang, tidak bisa mengambil kebijakan berkaitan dengan pendanaan untuk kegiatan Kwartir ranting.

Perkemahan Pramuka di Penawartama pada Tahun 2015 (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan