MIMPI MENGELOLA TATA RUANG JALAN KAMPUNG DWIMULYO KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG KEDEPAN

 

dwimulyo.desa.id (29 oktober 2018) Penataan Ruang disebuah kampung adalah sesuatu yang sangat penting sekali. Beberapa kampung khususnya kampung pemekaran dan kampung-kampung yang sudah tua sekalipun basih banyak jalan yang kelihatannya sangat sempit. Beberapa badan jalan bahkan tidak bisa untuk mobil, ada yang bisa untuk mobil tetapi tidak bisa untuk bersimpangan. Sehingga sangat sulit sekali berjalan dijalan yang demikian sempit. Bagaimana dengan Dwimulyo?

Tata Ruang Jalan yang harus ditata sejak dini di Kampung Dwimulyo (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Dwimulyo berdiri sejak Tahun 2019, tetapi menjadi kampung definitf setahun kemudian tepatnya tanggal 03 September 2010. Kampung Dwimulyo adalah kampung pemekaran, sehingga pola jalan dan pekarangan tidak serapi dibandingkan dengan pola jalan dan pekarangan di kampung-kampung yang asli kampung transmigrasi. Dwimulyo adalah hasil pemekaran dari Kampung Sidomulyo.

Sebagaimana umumnya kampung pemekaran, pola jalan tidak begitu lebar, hal ini harus disikapi sejak dini mengingat banyak sekali program-program yang harus ditetapkan sebelum, semuanya terlanjur. Misalnya pemasangan tiang listrik yang tidak ada koordinasi dengan kampung, atau meskipun ada koordinasi dengan kampungtetapi kampung tidak memiliki program jangka panjang tentang tata ruang kampung, sehingga dibiarkan apa adanya.Ini sangat merugikan atau menyulitkan ketika akan ada pelebaran jalan. Karena tidak bisa dilebarkan lagi dengan alasan ada tiang listrikyang tidak mungkin digeser kembali.

Tata Ruang untuk parit dan tanaman di kaki lima di Kampung Dwimulyo kedepan (Dokumen :desa.id, Foto by : TM)

Tata ruang baik tentang pekarangan, tata ruang untuk bangunan sudah seyogyanya menjadi prioritas sebagai penentuan langkah pembangunan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Begitu juga dengan tata ruang jalan. Tata ruang jalan ini harus digarap secara matang untuk jangka panjang. Misalnya lebar badan jalan kampung itu berapa meter.Jalan Kabupaten, dan jalan -jalan lain yang ada di Kampung Dwimulyo ini.

Tata ruang jalan di Dwimulyo akan dibuat sebagaimana ketentuan dibawah ini :

    1. Lebar badan jalan minimal delapan meter.

  • Lebar parit sekitar 40 cm, bersih.

 

  • Lebar kaki lima kurang lebih 2 meter.
Tata Ruang Tanaman didalam pagar adalah buah-buahan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

 

  • Tanaman dipinggir parit adalah tanaman hias atau tanaman sayuran atau tanaman yang bermanfaat lainnya sesuai dengan kesepakatan.

 

  • Tanaman didalam kaki lima didekat parit adalah tanaman bunga soka, atau tanman yang bermanfaat lainya, sesuai dengan kesepakatan lingkungan atau kesepakatan kampung.

 

  • Pembuatan pagar permanen juga diharuskan seragam bentuk dan modelnya. Jika belum ada pagar permanen sebaiknya ada pagar bambu atau tanaman yang dibuat pagar, jenis tanaman ini beragam, bisa soka, keji beling, atau tanaman lainya.

 

  • Tanaman didalam pekarangan sebelah dalam pagar, adalah tanaman jenis buah-buahan. Tanaman buah disesuaikan dengan pertimbangan, yang bisa hidup didaratan Dwimulyo, buahnya laku, atau bisa dijadikan makanan olahan selanjutnya.

 

  • Sebelah kanan jembatan diberi tiang bendera dengan ketinggian tinag empat meter. Sebelah kanannya lagi dipasang tiang setinngi dua meter untuk memasang banner dakwah. Kemudian sebelah kiri jembatan ada tiang yang dipasang untuk menggantung tempat sampah.Tempat sampah ini ada dua yang satu untuk sampah organik dan yang satu sampah anorganik.

 

Tata Ruang yang menentukan lebar badan jalan (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Tata  ruang ini baru diseputar jalan, ini bisa ditambah dengan spot-spot khusus yang dibuat untuk menambah indah dan manisnya jalan tersebut, misalnya spot yang dibuat di pos siskamling, spot ini bisa berupa lukisan, taman kecil, kebun sayur, atau jenis hiasan-hiasan dengan ornamen-ornamaen yang artistik. Kemudian yang tak kalah penting adalah tulisan nama-nama yang menerangkan lokasi atau papan nama. Umbul-umbul dengan tinggi tiang yang sama, pemasangan ditempat yang sama, dan warna -warna yang seragam atau kompak. Patok mini juga demikian diusahakan dibuat seragam dan kompak.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan