TEMPAT-TEMPAT MEMBACA YANG AMAN DAN NYAMAN DI PERPUSTAKAAN ANUGRAH KAMPUNG DWIMULYO, PENAWARTAMA, TULANG BAWANG

dwimulyo.desa.id    (27 Oktober 2018). Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang berdiri sejak tahun 2011. Dipimpin oleh Ibu Insaf Setia, S.Pd. Perpustakaan Anugrah Dwimulyo sudah beberapa kali menjuarai lomba perpustakaan desa baik ditingkat kabupaten maupun ditingkat provinsi, yakni di tahun 2015 dan tahun 2017.

Perpustakaan Anugrah KAmpung Dwimulyo memilki ruang baca atau tempat baca yang cukup banyak dan sangat alami atau asri. Perpustakaan Anugrah KAmpung Dwimuly menyebutnya dengan sudut-sudut baca di perpustakaan.Sudut baca ini ada yang didalam ruang perpustakaan ada yang diluar ruangan dan ada yang dibuatkan secara khusus.

Lokasi Mebaca di atas jembatan di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Tulang Bawang (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

Berikut beberapa lokasi tempat membaca yang ada di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo.
1. ATM atau Anjungan tempat membaca, ini adalah sebuah saung atau gubuk dengan ukuran lebar dua meter dan panjang dua setengah meter. Gubuk atau ATM ini terletak disebuah gundukan tanah yang kanan dan sebelah kirinya dikelilingi kolam ikan. Gubug ini dibangun tahun 2015 dengan bahan kayu akasia dan atap genting tanah. ATM ini adalah ruang terbuka karena tidak berdinding, hanya ada beberapa pagar yang berukuran setengah meter keliling.

1. Jembatan diatas kolam, Jembatan ini sepanjangempat meter dengan llebar satu meter. Jembatan ini berada diatas kolam tepat menghubungkan antara gubug atau Anjungan Tempat Membaca dengan halaman. Jembatan ini diujung masuknya ada dua pohon yang cukup rindang, sehingga sungguh sangat nyaman untuk membaca sambil istirahat, atau membaca sambil memberi makan kepada ikan gurame dan ikan nila.

ATM (anjungan Tempat Membaca) di perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Tulang Bawang (dokumentasi :desa.id, Foto by : TM)

3. Ayunan, ayunan ini selain berfungsi sebagai tempat bermain ayunan dapat juga dijadikan tempat membaca sambil berayun perlahan. Ayunan ini terbuat dari kayu dan karet serta kawat. Ayunan ini letaknya tidak jauh dari gubuk atau anjungan tempat membaca dan juga jembatan yang menghubungkan antara ATM dengan halaman. Ayunan ini hanya memuat satu orang, dan tempat ini tidak terkena terik panas matahari, karena rindang oleh pepohonan sawit yang cukup besar dan rimbun.

4. Kolam didalam rumah. Kolam ini tidak dalam. Kolam ini ada ikan lele dengan air yang tidak dalam, hanya sekitar tiga puluh centi meter. Di kolam ini pembaca tidak duduk dikursi, tetapi hanya duduk dipinggir kolam atau lesehan dilantaisambil buku diletakkan dipinggir kolam. Karena letaknya didalam rumah dan dekat dengan dapur, maka jarang pembaca yang mau membaca disekitar kolam tersebut. Walaupun sangat sejuk dan nyaman, karena diseputar kolam juga ada tanaman anggrek yang dipelihara dengan baik.

Ruan Baca di dalam Rumah di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama KAbupaten Tulang Bawang (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

6. ruang sirkulasi, ruang ini juga sangat nyaman untuk membaca, karena selain ada karpet atau ambal, juga ada meja pendek yang bisa untuk lesehan. Ruang ini cukup lebar. Kemudahan diruang ini ada kipas dan dekat dengan bahan pustaka atau buku-buku yang akan dibaca.

Perpustakaan Anugrah KAmpung Dwimulyo, masih ingin mengembangkan sudut-sudut baca agar semakin mudah dan nyaman bagi para pembaca yang berkunjung di Perpustakaan Anugrah. Sudut baca yang akan dibuat adalah sebagai berikut :
1. Gubuk beton yang ada kursinya, atau payung dengan kursi tiga atau empat dibawahnya. Tempat ini rencananya akan dibangun didepan pintu Perpustakaan yang sebelah kanan. Sehingga tempat ini bisa bagi pengunjung yang istirahat, tempat membaca, dan tempat spot foto-foto bagi pengunjung.

Ruang tengah di Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

2. Tempat nongkrong dibawah pohon kelengkeng dan belimbing. Tempat ini tidak perlu lebar atau panjang, tetapi cukup untuk satu atau dua orang yang akan membaca. Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo ini sering dikunjungi oleh anak-anak, sehingga diperlukan tempat membaca yang harus memenuhi syarat, nyaman dan aman.

Tahun 2019 Perpustakaan Anugrah mempunyai target untuk mewujudkan apa yang direncanakan didepan, sehingga perpustakaan Anugrah akan semakin nyaman dan aman bagi pengunjung. baik anak-anak maupun orang tua. Hal ini diharapkan dapat memberi stimulan kepada pengunjung agar lebih lama dalam membaca atau beraktifitas di Perpustakaan Anugrah dalam rangka membaca maupun beraktifitas belajar internet dan komputer atau melakukan kegiatan yang lain.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan