YANG PERTAMA DI INDONESIA, KEMAH PERPUSTAKAAN ANUGRAH KAMPUNG DWIMULYO TAHUN 2015

Karnaval pada Kemah Perpustakaan Anugrah Dwimulyo Tahun 2015 (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

dwimulyo.desa.id  I 27 Oktober 2018. Perpustakaan Anugrah Dwimulyo adalah  sebuah Perpustakaan Umum, Perpustakaan Desa yang berada di Kampung dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Perpustakaan ini berdiri sejak tahun 2011. Perpustakaan ini dikelola oleh Ibu Insaf Setia, S.Pd. Seorang Guru yang kesehariannya mengajar di SMP dan disebuah TK. Pengelolaan Perpustakaan ini dibantu oleh beberapa sukarelawan yang membantu dalam mengelola setiap harinya.

Gerobak Pembawa Bahan Pustaka untuk 500 buku 100 KK (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

>Pada Tahun 2015, Perpustakaan Anugrah yang merupakan Pemenang Lomba Perpustakaan Desa di Kabupaten Tulang Bawang ini, mengadakan berbagai kegiatan yang cukup aktif. Kegiatan lomba, kegiatan pelatihan, kegiatan pembinaan, kegiatan kerjasama dengan sekolah dan ada kegiatan Kemah Perpustakaan.

 

Kegiatan Kemah Perpustakaan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Kegiatan Kemah perpustakaan ini adalah kegiatan pertama yang ada di Indonesia. Kegiatan ini bernama “KEMAH PERPUSTAKAAN” Dilaksanakan selama tiga hari.  Dimulai tanggal 08 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 10 Agustus 2015.

Pawai diikuti oleh Seluruh Peserta Kemah dan Rombongan Kuda Lumping (Dokumentasi; desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan ini sebagai pesertanya adalah dari SMP Rawa Pitu Gedung jaya dua regu, yakni satu regu putra dan satu regu putri. SMP Negeri 3 Penawartama terdiri dari empat regu, yakni dua regu putra dan dua regu putri. Kemudian anak-anak SD Negeri 01 Dwimulyo yang terdiri dari enam regu. Peserta terakhir adalah satu regu untuk remaja dari Kampung Dwimulyo. Jumlah peserta 140 peserta. Peserta-peserta ini dari hari kehari bertambah, terutama dari SD. Peserta ini juga dari aktivis dan Relawan TIK Tulang Bawang.

Pembagian Buku Program 500 Buku untuk 100 KK (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

Jadwal dimulai hari pertama, Sabtu, 08 Agustus 2015. pukul 08.00 pagi sudah dimulai dengan registrasi dan pendirian tenda. Selesai pendirian tenda dilanjutkan dengan upacara pembukaan perkemahan. Kegiatan perdana dimulai setelah sholat dzuhur dengan kegiatan Dinamika kelompok dan Brian Mapping. adapun rincian kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Keperpustakaan, kegiatan ini disi oleh BApak Sutrisno, S.Pd. yang berisi tentang materi apa itu perpustakaan, dan bagai mana mengelola perpustakaan, dimulai menuliskan buku induk, labeling, call number, kartu peminjaman, kantong kartu peminjaman, katalog, dan lain-lain.

 

  • Materi Kepramukaan oleh Kakak Slamet Haryanto dan Kak Sutrisno, S.Pd. ini membahas tentang permainan, PBB, Pionering, menyanyikan lagu daerah, dan materi perkemahan. Materi ini juga dibantu oleh Kak Sukarto dan Kak I Made Dana Putra selaku guru dari SDN 01 Dwimulyo.

 

Peserta Kemah Perpustakaan dari SDN 01 Dwimulyo (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

    1. Materi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ini disampaikan oleh Kak Sigit Purnomo anggota Relawan TIK CAbang Kabupaten Tulang Bawang. Materinya adalah berkaitan dengan internet sehat, cerdas bermain medsos, dan bagaimana menggunakan komputer dasar bagi anggota atau peserta kemah perpustakaan yang berasal dari SD.

  • Pengenalan Brian Mapping, ini disampaikan oleh Bapak Sigit Purnomo, yakni materi identifikasi dan klasifikasi serta menyususn pola pikir, dari semua permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan dijadikan sebuah karangan bebas.

 

Peserta Kemah dari SMP Negeri 3 Penawartama (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

  1. Kegiatan Lomba mewarnai, juga menjadi satu diantara kegiatan yang diadakan pada saat ini, selain kegiatan lomba mengerjakan teka-teki silang tentang perpustakaan. Kegiatan ini sangat diminati oleh seluruh peserta perkemahan pada saat itu.
  2. Kewirausahaan dan keterampilan. Pada kegiatan ini anak-anak membuat keterampilan dari barang bekas dan bagaimana bercocok tanam sayuran.
  3. Hari kedua diawali dengan senam pagi, gemu famire. dan dilanjutkan pawai atau karnaval kemah perpustakaan. Pada kegiatan ini, ada beberapa kegiatan yang ditampilkan, diantaranya sebagai berikut :

Peserta Kemah Perpustakaan dari SMP Rawa Pitu Gedungjaya (Dokumentasi : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan Karnaval perpustakaan ini diadakan kegiatan Launching Program Perpustakaan Lima ratus Buku untuk Seratus Rumah. Kegiatan ini diarak beramai-ramai diawali dari depan gedung perpustakaan dan diikuti oleh seluruh peserta dan rombongan kuda lumping Kampung Dwimulyo. Kegiatan ini membawa gerobak buku, dan berjalan sepanjang jalur Flamboyan untuk membagikan buku disetiap rumah yang disinggahinya secara teratur.

Kemah Perpustakaan ini, berjalan sangat meriah, banyak sekali manfaat yang diperoleh dalam perkemahan ini. Perkemahan ini makan semua peserta dan semua panitia yang terlibat ditanggung oleh perpustakaan. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah :

Lomba Mewarnai Peserta Kemah Perpustakaan di Anjungan Tempat Membaca (Dokumentasi :desa.id, Foto by : TM)

  1. Mendidik peserta perkemahan mengenali dan meyukai apa itu perpustakaan, meningkatkan minat baca, bisa mengelola perpustakaan secara sederhana.
  2. Mendidik bertanggung jawab terhadap tugas, melatih kemandirian, menumbuhkan kreatifitas, melatih kekompakan, kebersamaan, kerja kelompok, dan bisa secara mandiri mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
  3. Menambah wawasan, tentang pengaturan cara belajar, brian mapping, pengetahuan kepramukaan, menumbuhkembangkan minat dan bakat dibidang seni ddan olah raga.

Peserta Kemah Perpustakaan sedang Mengerjakan Lomba Teka-Teki Silang Perpustakaan (Dokumentasi :desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan Kemah Perpustakaan ini, belum bisa dilaksanakan lagi sampai tiga tahun setelahnya, yakni sampai tahun ini 2018. Semoga Perpustakaan Anugrah Dwimulyo dapat terus meningkatkan kegiatan berbasis masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, kesejahteraan masyarakat, dan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat lainnya secara terus – menerus.

Kemah Perpustakaan yang Pertama ada di Indonesia dilaksanakan di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo Tahun 2015 (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kemah perpustakaan ini, masih yang pertama dilakukan di Indonesia. Semoga Perpustakaan Anugrah Dwimulyo bisa jaya. Aamiin.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan