KONSEP TULANG BAWANG MENDUNIA MELALUI MEDSOS

Bagan Konsep Tulang Bawang Mendunia yang digagas oleh RTIK TUlang Bawang 2016 (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

dwimulyo.desa.id   I 27 Oktober 2018. Tulang Bawang Mendunia adalah konsep yang dicetuskan oleh Relawan TIK Cabang Tulang Bawang, Sutrisno, S.Pd. selaku Ketua Pengurus Cabang RTIK Tulang Bawang Periode 2016 sampai dengan 2018. Konsep Tulang Bawang Mendunia adalah konsep menduniakan Kabupaten Tulang Bawang dengan cara menganggah satu foto tentang Tulang Bawang yang bernilai positif dalam satu hari satu foto di media sosial.

 

Dewasa ini media sosial atau jejaring sosial sudah hampir semua menggunakannya, lebih dari 60% penduduk Indonesia menggunakan Medsos. Dalam satu menit informasi dapat dilihat oleh orang lain yang tinggalnya sangat jauh, bahkan di luar negeripun dapat melihat kondisi kita saat iini hanya dlam hitungan menit, bahkan detik.Semua itu berkat internet. Karena internet hampir semua bisa menjadi praktis dan serba cepat dan akurat.

Konsep Perhitungan Tulang Bawang Mendunia (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Jenis internet yang digunakan juga bermacam-macam, baik surat elektronik, Media sosial, dan bisa juga melalui website. Website ini juga ada yang gratisan seperti, wordpress, blogspot, multiply, dan lain-lain. Kemudian untuk media sosial ini ada banyak jenisnya juga,  ada Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Hangout, telegram, dan lain-lain. Dan sekarang ini banyak organisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti Relawan TIK.

Sutrisno, S.Pd. Ketua RTIK Tulang Bawang 2016 s.d. 2018 (Dokumen : desa,id, Foto by : TM)

Relawan TIK Tulang Bawang yang berdiri sejak Tahun 2012 dan mulai di SK-kan sejak tanggal 16 Oktober 2016, memiliki program yang berkaitan dengan media sosial ini adalah TULANG BAWANG MENDUNIA. Apa itu Tulang Bawang Mendunia? Program ini adalah program dengan mengoptimalkan media sosial maupun website, agar semua mau mengunggah satu foto dalam satu hari tentang Tulang Bawang yang bernilai positif.

Foto apa saja yang dbisa diunggah? semua foto bisa diunggah, asalkan bernilai positif, misalnya :

1. Pemandangan atau panorama, persawahan, rawa, hutan, kebun sawit, sungai, maupun panorama yang sangat sederhana sekali.

2. Bangunan bisa sekolahan, sarana ibadah, kantor, rumah, perpustakaan, kantor desa, bangunan-banguunan insfrastruktur seperti jembatan, gorong-gorong, tower internet, atau tugu, gapura, dan lain-lain yang bersifat bangunan.

3. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, diri sendiri, sekolah, kampung, guru, atau organisasi yang lain yang bersifat kegiatan yang bermanfaat.

4. Semua yang bersifat baik, atau bernilai positif dapat diunggah.

Bagaimana cara mengunggah, cara mengunggah bisa disemua media sosial, bisa di Facebook, instragram, Twitter, dan yang lain-lain dengan diberi tagar :

#TulangBawangMendunia

dan diberi keterangan tentang loksai dan nama gambar tersebut. Kemudian bagi warga Tulang Bawang yang berada di luar Tulang Bawang sebaiknya ikut menduniakan Tulang Bawang dengan cara membagikan atau ngeshare  postingan temannya. Kegiatan ini tidak akan hanya sekedar mengenalkan Tulang Bawang kepada dunia tetapi justru akan menduniakan Tulang Bawang di Dunia Maya. Marilah kita berhitung secara sederhana, jika pengguna facebook di Tulang Bawang ini ada 10.000 orang, dan dalam satu hari dapat mengunggah satu foto tentang Tulang Bawang berarti akan tersebar sebanyak 10.000 foto Tulang Bawang ke dunia maya. Bagaimana jika dalam satu tahun,? Bagaimana jika pengguna Facebooknya ada 20.000? akan luar biasa bukan.

Perhitungan kita dalam satu tahun 360 x 10.000 = 3.600.000 Foto yang tersebar didunia maya. Jika foto sebanyak itu tersebar didunia maya bisa dipastikan akan detail sekali semua tempat di Tulang Bawang dapat dilihat di dunia maya. Jika hal ini dpat dilakukan selama sekian tahun kedepan maka dapat dipastikan tidak ada tempat satupun yang tidak dapat diakses oleh dunia tempat-tempat yang ada di Tulang Bawang ini.

Sebenarnya ada yang lebih penting dari sekedar menduniakan Tulang Bawang, tetapi bagaimana masyarakat memiliki kemapuan :

    1. Kebiasaan menggunakan internet secara cerdas.

     

    • Menggali dan mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki agar lebih berkembang dan bermanfaat.

     

     

    • Lebih siap menjadi manusia pembelajar.

     

     

    Ini semua sudah berjalan, tetapi belum bisa maksimal. Jika hal ini  dikomando oleh semua pimpinan di Tulang Bawang. Apa manfaatnya jika kita suddah dikenal?

    Saya kira semua bisa menjawabnya. Semoga dengan langkah yang sederhana ini, Tulang Bawang bisa betul-betul mendunia. Dan pada akhirnya dapat berdampak positif atau dapat meningkatkan kesejahteraan bagi maasyarakat Tulang Bawang.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan