PENGADAAN JARINGAN INTERNET SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SDM BERKUALITAS

 

Pemasangan Penguat jaringan Internet sebagai Sarana Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat (Dokumen : desa.id, Foto By : TM)

dwimulyo.desa.id  I 27 Oktober 2018. Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung memiliki program pengadaan Jaringan Internet sebagai sarana Peningkatan Mutu SDM masyarakatnya melalui Dana Desa Tahun 2018.  Pengadaan ini berupa pembangunan tower dan perangkat penerima signal, yang dikelola oleh kampung secara khusus akan ditangani oleh sekretariat kampung.

 

Pembangunan Penguat Jaringan internet ini, dimulai sejak bulan Oktober ini, dan tidak sampai ssatu bulan sudah selesai, sekaran dalam tahap uji coba selama beberapa minggu kedepan. Pengadaan ini oleh kampung menggunakan pihak ketiga sebagai suplier khusus dibidangnya. Kemudian kondisi signal atau kecepatan dari internet untuk sementara ini cukup bagus, tetapi belum bisa memuaskan.

Pengadaan penguat jaringan Internet kampung menggunakan dana Desa Desa tahun 2018 (Dokumen : desa.id, Foto By : TM)

Tujuan dibangunannya sarana penguat jaringan ini adalahsebagai berikut :

  1. Meningkatkan potensi yang sudah ada bagi UKM maupun tenaga khusus yang ada di Kampung Dwimulyo.
  2. Mengadakan pelatihan khusus bagi pemuda dan guru dalam pengunaan internet secara bijak dan cerdas.
  3. Mempermudah melakukan input data baik untuk website desa maupun data yang harus dikirim melalui internet.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan oleh kampung dalam jangka panjang adalah sebagai berikut :

  1. Mengadakan pembinaan UKM, atau Orang yang memiliki kegiatan produksi dalam meningkatkan kualitas atau mutu produknya dengan cara menambah wawasan melalui browsing diinternet. Sehingga para tenaga Tukang, Bengkel, Meubel, Peternak, dan lain-lainya lebih bisa berkembang secara modern dan maksimal.
  2. Pembinaan berkelanjutan dan bekerjasama dengan Perpustakaan Anugrah Dwimulyo untuk mengadakan Pelatihan TIK berkelanjutan bagi ibu-ibu PKK dan Ibu-Ibu Kelompok Wanita Tani Mandiri Mulya yang ada di Dwimulyo. Pembinaan berkelanjutan ini diharapkan dimulai dari dasar penggunaan komputer atau laptop sampai pada internet dan dapat mengelola administrasi dengan baik, Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan anggota PKK maupun anggota KWT secara umum.
  3. Kegiatan pelatihan untuk Pemuda, kegiatan ini mengajarkan kepada pemuda untuk produktif, cerdas menggunakan media sosial, dan bagaimana membuat internet menjadi sesuatu yang dapat menambah peningkatan ekonomi bagi mereka. Kegiatan ini harus dilakukan secara berulang dan berkelanjutan, sampai betul-betul meraka mampu.
  4. Membentuk kelompok Publikasi Kampung secara cerdas. ini bisa dilakukan oleh kampung, oleh aparatur kampung, oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kegiatan ini dibawah komamdo Juru Tulis Kampung. Publikasi dapat dimaksimalkan melalui berbagai cara, antara lain : Penggunaan medsos secara terkoordinir dan terstruktur. Pengelolaan Website desa yang betul-betul serius dan bergerak secara serentak secara bersama-sama. Penggunaan media-media cetak lainnya. Ini sangat menunjang bagi kegiatan publikasi kampung ketika komandonya rajin dan cepat dalam bertindak.Jadi segala lini diberdayakan.
  5. Membuat komunitas-komunitas kecil untuk kegiatan-kegiatan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  6. Menerapkan aplikasi-aplikasi pendukung Smart Village (Kampung Cerdas) Ini adalah langkah bagaimana mewujudkan bahwa TIK itu dapat mempermudah pekerjaan, mempercepat pekerjaan, memperakurat data dan-lain-lain.
  7. Berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang kompeten, misalnya dengan Relawan TIK, dengan Kominfo, dan yang lain untuk lebih mengoptimalkan dalam rangka akselerasi peningkatan kualitas Sumber daya Manusianya.

Penggunaan Sarana Internet untuk Pembelajaran Ibu-Ibu Kelompok Wanita Tani Mandiri Mulya Dwimulyo (Dokumen :desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan-kegiatan tersebut dapat terwujud jika semua aparatur dapat bergerak lebih semangat, lebih mau untuk berkembang, lebih siap untuk belajar dan terus belajar, lebih siap menerima nasihat atau terbuka dengan ilmu dari orang lain. tetapi sebaliknya akan menjadi tumpul ketika aparaturnya sendiri masih terlalu bersifat tertutup dengan ilmu, dengan masehat, dengan kritik, dengan arahan.

Bekerjasama dapat dilakukan dengan Perpusdes Anugrah Dwimulyo, dalam bidang Peningkatan TIK bagi masyarakat (dokumen by : desa.id, Foto by : TM)

Dwimulyo adalah kampung dengan latar belakang masyarakat yang jika dilihat dari pendidikan masih tergolong rendah. ini merupakan hal yang harus disadari oleh para pemegang kebijakan untuk bisa menentukan langkah selanjutnya agar bisa lebih efektif dan efesien. Semoga Dwimulyo segera bisa mewujudkannya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan