KEGIATAN EKSPEDISI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN DWIMULYO

 

Kegiatan Diskusi diantara POS pada Kegiatan Ekspedisi Perpustakaan Anugrah Dwimulyo Tahun 2018 (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

dwimulyo.desa.id   I  26 Oktober 2018. Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo adalah Perpustakaan Desa, yang terletak di Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Sebuah Perpustakaan Umum yang berdiri sejak Tahun 2011. Dikelola oleh Ibu Insaf Setia, S.Pd. dan telah beberapa kali menjuarai lomba perpustakaan desa baik ditingkat Kabupaten Tulang Bawang Maupun ditingkat Provinsi Lampung.

Pos Membaca, semua kelompok diwajibkan membaca sebuah buku, sebagai bahan menyusun tugas berikutnya (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Perpustakaan diera millenial ini dituntut sebagai sentra berbagai kegiatan dalam rangka mencerdaskan masyarakat sampai pada kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan tujuan akhir kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan program Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui Program Revitalisasi Perpustakaan Umum, termasuk Perpusdes, atau lebih spesifik lagi Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo ini.

Setelah menyelesaikan satu tugas disebuah Pos anak-anak melanjutkan perjalanan kembali (dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan yang pertama dan paling berat bagi perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo adalah meningkatkan minat baca masyarakat atau warga perpustakaan, hal ini sesuai dengan skala nasional bahwa minat baca di Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang lebih maju dan modern. Perpustakaan Anugrah tetap berupaya melakukan bergai langkah untuk komitmen meningkatkan minat baca ini. Berikut beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat.

  1. Peminjaman Bahan Pustaka kepada ibu-ibu jamaah pengajian setiap hari Minggu sore.
  2. Program buku bergilir, ini dilakukan untuk beberapa rumak tangga, dengan cara minggu ini perpustakaan memberikan buku kesatu keluarga, minggu berikutnya rumah tangga tersebut memindahkan ke keluarga sebelahnya begitu seterusnya
  3. Lomba-lomba di Perpustakaan utnk anak-anak sekolah
  4. Kerjasama dengan sekolah terdekat
  5. Kegiatan Ekspedisi

Pos membacakan puisi oleh anak-anak peserta ekspedisi (Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan Ekspedidi adalah kegiatan Perpustakaan untuk anak-anak berjalan-jalan dan diselingi permainan dan membaca didalam perjalanan. Secara umum kegiatan ini mirip dengan kegiatan haiking atau pencarian tanda jejak dalam kegiatan kepramukaan. Sehingga kegiatan ini sangat diminati oleh anak-anak karena banyak permainan, banyak tugas yang dikerjakan seperti bermain, banyak teman, banyak melihat secara langsung alam yang dilewatinya, banyak keterampilan baru yang diperolah, dan lain-lain.

 

Secara rinci sebagai contoh draf dari kegiatan ekspedisi ini adalah sebagai berikut :

  1. Anak-anak dibagi menjadi kelompok-kelompok, yang terdiri dari tiga atau empat orang dalam satu kelompok. Kemudian kelompok ini diberi nama, bisa memilih atau ditentukan dengan nomor urut. Jadi kelompok satu, kelompok dua, dan seterusnya. Komando ada satu orang yang mengkoordinir jika ada yang didiskusikan
  2. Pangkalan, adalah Pos-Pos tempat mereka berhenti. Pos ini dibuat dengan jarak yang sudah diatus sedemikian rupa, sehingga jumlah pos sesuai dengan jarak yang akan ditempuh. Pos -pos ini misalnya, Pos I adalah pos pemberangkatan berisi pesan-pesan dalam perjalanan dan tugas-tugas yang akan dikerjakan. Pos II misalnya ada tugas menyusun yel-yel dari buku yang dibaca sepuluh atau lima belas menit sebelumnya. Yel-yel boleh yang dapat membangkitkan semangat boleh juga yang lucu. Pos III misalnya pos permainan, ada permainan kekompakan, menggiring kelereng dengan paralon atau bambu yang dibelah. Pos IV tentang membaca puisi yang, Pos selanjunya bisa juga tentang pembacaan surat-surat pendek Al-Qur an.
  3. Setiap pos ini dipandu oleh pendamping, yang melakukan pemberian tugas disetiap posnya kemudian melakukan penilaian atas tugas-tugas yang dikerjakan oleh kelompok-kelompok yang melewati pos tersebut.
  4. Pos Finish atau pos akhir usahakan tidak jauh dari pos pertama, artinya arahnya dibuat memutar. sehingga tidak terlalu capai untuk anak-anak.

Kegiatan tidak hanya untuk kelompok, tetapi juga untuk anggaota kelompok {Dokumen : desa.id, Foto by : TM)

Kegiatan ini sebaiknya dilakukan setiap sebulan sekali, kegiatan ini dapat membangkatkan :

  1. Minat baca anak-anak
  2. Menumbuhkan rasa tanggung jawab
  3. Menumbuhkan rasa kerjasama dan gotong royong
  4. Menumbuhkan rasa empati sesama teman
  5. Menumbuhkan berani bersaing secara sehat
  6. Meningkatkan kecerdasan

Melihat dari manfaat kegiatan ini yang begitu banyak, seyogyanya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan dapat didukung oleh kita semua. Sehingga gegerasi kedepan adalah generasi yang cerdas dan dapat mengelola waktu untuk hal-hal yang bersifat positif dan bermanfaat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan