Inovasi Tani “YANG MUDA YANG INOVATIF”

*YANG MUDA YANG INOVATIF*

_*Jeruk Lemon California*_

Oleh : Wayan Supadno/Pak Tani.

Pasarnya..
Selama ini kita impor jumlah puluhan ribu ton/tahun, sebagai bahan baku industri makanan minuman dan kosmetik maupun peras rumah tangga dipajang di Supermarker besar.

Pola produksi tidak kenal musim, berbuah sepanjang tahun, dipetik pada pohon yang sama tiap 3 minggu sekali. Harga di Petani sekitar Rp 18.000/kg, Industri Rp 25.000/kg, di _end user_ Super Market Rp 40.000/kg sd Rp 50.000/kg.

Agroklimatnya..
Sekalipun hasil inovasi luar negeri sangat adaptif ditanam di Indonesia mulai dataran rendah higga tinggi, idealnya pada pH netral, lahan kaya kadar C Organik minimal 3% serta banyak mikroba pengurai misal Lactobacillus, Aspergilus Niger, mikroba Penambat N misal Azospirilum Azotobacter, Pelarut P & K serta biopestisida misal Bacillus Pseudomonas Trichoderma.

Teknis budi daya..
Jarak tanam 3 x 4 meter atau 900 an pohon/ha jika tanam zigzak, gali lubang tanam lalu jika sudah mulai hidup ( _nglilir_ ) berikan pupuk kandang pasca permentasi langsung semprot Biangnya Mikroba (Bio EXTRIM) dan Hormonal (HORMAX) ada di Toko Trubus atau Google, timbun lagi dengan tanah sekitarnya. Ulangi setahun sekali saja. Agar _slow release_ hemat nilai investnya.

Potensi omsetnya saat buah normal 40 ton/ha/tahun x Rp 15.000/kg = Rp 600 juta/ha/tahun. Sejak tahun ke 2 sudah mulai panen jika bibitnya remaja.
Bagi yang minat Bibit maupun pupuknya bisa hub Mbak Reni WA 085655656210

Pada tahun ke 2 mulaii produksi, dipanen saat masih hijau lalu perlakukan dengan hormonal pada kemasan pasca panen agar warna orange menyala dan seragam, agar menjaga nilai jual, jangan lupa sortir pilih yang sesuai grade nya agar yang jelek tidak memggerus harga yang baik.

Jika mau dapat nilai tambah terbesar bisa jadi Supplier Supermarket besar, butuhnya rutin jumlah besar. Jika mau kontinu karena tanam skala luas naka suplai ke Industrinya.

Dari pada jadi pengangguran apalagi habis waktu energi menyalahkan indahnya Indonesia, mendingan menanam sekarang juga, tak perlu banyak mikir karena kalau banyak mikir hanya memanen ” kepikiran doang “.
Hehe..

Ingat..
*Kadang 1 langkah nyata jauh lebih berarti dibanding 1.000 langkah dalam mimpi atau wacana belaka.*

Selamat melangkah..😃
WS/Pak Tani

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan