DENGAN PEMBELAJARAN HOTS AKAN SEMAKIN HOT

Perlengkapan Guru sebagai Manusia Pembelajar (Dok. desa.id, Foto by : TM)

dwimulyo.desa.id I 22 Oktber 2018. Pembelajaran HOTS Higher Order of Thinking Skill merupakan pembelajaran  dengan sistematika analisis Benyamin S. Bloom, 1956 dalam bukunya Taxonomy of educational Objektif, yang tingkatanya tidak hanya pada sebatas kognitif saja, tetapi kepada penalaran yang lebih tinggi. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut lebih aktif dalam belajar sehingga lebih banyak indera yang terlibat.

Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan HOTS dalam artikel yang berjudul  How to Increase Higher Order Thinking (2009) “Sebagai cara berfikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan dari orang lain.

Menulis dan Mempersiapkan Pembelajaran berbasis IT adalah upaya Guru untuk menjadi lebih Praktis (Dok. desa.id, Foto by : TM)

Melihat dari definisi diatas sebenarnya banyak guru-guru mengajar yang sudah menerapkan sistem ini dalam kegiatan pembelajarannya. Karena sudah bisa dipastikan ranah pembelajaran milik Bloom ini sudah bukan barang asing bagi guru. Guru menerapkannya dalam pembelajaran, hanya permasalahannya adalah seberapa tingkatan yang dipakainya. Misalnya Kognitif itu apakah sudah dari tahap terendah sampai pada tahap tertinggi, inilah yang akan digarisbawahi oleh pendidikan kita bahwa akan ada penekanan untuk aspek kognitif ini akan digarap sampai pada tahap tertinggi.

 

HOTs adalah skill terakhir yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, prosesnya dalam penyampaian HOT ini masih sangat tergantung akan upaya guru dalam menyampaikannya, misalnya seperti apa polanya, metodenya, permainannya, atau kemasan dalam menyampaikan HOT tersebut. Sehebat apapun isi jika dalam menyampaikan tidak maksimal juga akan semakin sulit diterima oleh siswa.

Perlengkapan dalam pembelajaran berbasis TIK bisa berkolaborasi antarguru (Dok. desa.id, Foto by : TM)

JIka ini digarap secara komperehensif oleh guru dengan totalitas, maka bisa dipastikan pembelajaran di kelas akan semakin hot, semakin menggairahan, semakin seru. Bisa dibalut dengan PAIKEM GEMBROT, Paikem yang Gembira dan Berbobot.

HOT adalah upaya pemerintah meninggikan standar pemikiran dalam proses pembelajaran sehingga pada akhirnya siswa akan terbiasa mengelola pola pemikirannya dengan standar HOTS.

Idealnya, setiap bulan sekali diadakan MGMP, atau KKG yang dirancang secara jelas dan memiliki program yang cukup menunjang pembelajaran, sehingga guru tidak mengalami stagnan dalam berproses sebagai manusia pembelajar. Kegiatan ini bisa dioptimalkan dengan setiap satu semester diadakan pertemuan akbar guru dalam upaya peningkatan mutu guru dengan program yang jelas.

Perpustakaan Pribadi Guru adalah mutlak yang Harus dimiliki Guru sebagai seorang Manusia Pembelajar (dok. desa.id, Foto by : TM)

Lebih banyak kolaborasi dengan instansi, lembaga, atau dinas terkait yang dapat turut memajukan skill dan keterampilan guru dalam mentransformasi ilmu kepada siswanya.

Jika upaya optimal atau totalitas guru sebagai pendidik dan manusia pembelajar digerakkan secara serius dan benar, dapat dipastikan materi HOTS ini akan betul-betul mampu membuat pembelajaran disetiap kelas menjadi hot (Menggairahkan)l

sumber : beritagar.id dan IDN TIMES

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan