ANTARA PUPUK KIMIA BERSUBSIDI DENGAN PUPUK INOVASI SENDIRI

Sejenak pagi..

ANTARA PUPUK KIMIA SUBSIDI DENGAN PUPUK INOVASI SENDIRI

Oleh ; Wayan Supadno/Pak Tani

Hingga sekarang saya masih sering membaca menyimak postingan beberapa group medsos yang nada isinya mengeluh kalau pupuk kimia bersubsidi terlalu sulit didapat dan menjadikan malas bertani jika tanpa ada pupuk kimia subsidi tersebut. Penuh dismotivasi dan hobinya menyalahkan dan menunjuk – nunjuk pihak lain seakan lupa masih ada 4 jari buat dirinya sendiri.

Dalam waktu bersmamaan ada 1 group medsos lagi yang membernya beda lagi, hampir tiap hari saya simak slalu produktif, diskusi saling isi mengisi menyempurnakan satu dengan yang lainnya, kadang membahas pasar, kadang membahas teknis budi daya dan kadang pula membahas media tanam pupuk dan lain – lainnya nuansa edukatif inovasi. Penuh antusias berkarya nyata.

Padahal jumlah dana APBN kita untuk subsidi pupuk kimia sekitar Rp 31 Trilyun/tahun, angka yang sangat banyak bagi Negara kita saat ini, dan masih butuh dana lebih banyak lagi untuk kepentingan lain lagi, yang tak kalah pentingnya untuk mensejahterkan petani maupun swasembada pangan kita.

Sedikit yang saya tahu bahwa dana pupuk subsidi banyak ternikmati oleh pabrik pupuk kimia, pabrik pupuk guna membeli gas yang jauh lebih mahal, karena bahan baku dominan pupuk kimia urea berasal dari gas sekitar 80%, ini yang pekat nuansa ” kiprah politik pertanian ” yang kurang efisien, bahkan jauh sekali.

Seolah dana mengalir ke petani sangat besar yaitu Rp 31 Trilyun, belum lagi yang lain lagi ke Kementeeian totalnya Rp 52 an Trilyun/tahun.
Tapi apakah riilnya efisien efektif buat petani kita.
Hemm😷

Padahal juga masih banyak lagi yang sudah terbebas dari pupuk subsidi, artinya tidak mau lagi memakainya karena inovasinya sendiri sudah jauh lebih murah sehat ramah lingkungan, karena yang ditamam sekitaran tanaman pangan maupun hortikutura sayur mayur.

Sekarang..
Mari kita jujur dengan diri sendiri, jika kita punya dan pasti bisa berperan nyata dalam group medsos di dalamnya, karena kitalah membernya.

Pilih jadi member group medsos yang mana…
Pilih jadi bagian member yang hanya menyalahkan dengan segala macam resah gelisah atau yang berusaha aktif jemput bola inovasi ?

Itu semua bisa kita lakukan karena kita yang punya group medsos, kita salah 1 pemiliknya, kita ikut punya peran baik atau sebaliknya.
Tergantung kita.

Peran di medsos juga bagian dari kontribusi kita..😃

Salam 🇮🇩
WS/Pak Tani

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan