PERPUSTAKAAN ANUGRAH DWIMULYO SEBAGAI SENTRA PELAYANAN TIK

Gedung Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang sebagai Sentra Pelayanan TIK Tahun 2018 (Dok. desa.id, Foto by : TM)

dwimulyo.desa.id I (13-10-2018) Perpustakaan Anugrah Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang, Tahun 2018 ini sudah memulai menyediakan layanan internet perpustakaan. Melalui internet Kampung Dwimulyo, yang terletak tidak jauh dari gedung Perpustakaan Dwimulyo, menjadikan jaringan internet Perpustakaan Dwimulyo semakin bisa digunakan untuk pelayanan internet perpustakaan, walaupun tahun ini masih dalam sekala kecil.

Dilatarbelakangi oleh Program revitalisasi Perpustakaan yang dimulai tahun 2018 ini, Perpustakaan Anugrah tidak mau ketinggalan, mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Adapun kegiatan-kegiatan persiapannya adalah :

Pengadaan Jaringan Wifi Kampung Dwimulyo sudah bisa dimanfaatkan bulan Oktober 2018 (Dok. desa.id, Foto by : tM)

  1. Pemantapan Jaringan internet (Tahap akhir)
  2. Persiapan perangkat laptop, sementara ini ada empat buah, yang siap dipakai.
  3. Persiapan tempat, di Perpustakaan sudah ada dan siap digunakan.

Sarana Laptop sebagai sentra pelayanan TIK di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo sudah bisa dimanfaatkan untuk sekala kecil. (Dok. desa.id, Foto by : TM)

Adapun kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Bulan Oktober ini : Pelatihan komputer dasar dan internet untuk Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, setiap seminggu sekali sebanyak lima orang satiap pertemuan, dan terdiri dari lima kelompok ibu-ibu Kelompok Wanita Tani.
  2. Pertemuan ini dibuat dengan sistem pelatihan berkelanjutan, yakni tidak hanya sebatas sekali pertemuan tetapi akan berkelanjutan sampai ibu-ibu Kelompok Wanita Tani Mandiri Mulya ini bisa secara mandiri mengoperasikan komputer untuk Microsoft Office dan Microsoft excel.
  3. Perkiraan pertemuan ini sebanyak delapan sampai sepuluh minggu setiap kelompok.
  4. Tenaga mitra pendamping kegiatan berkelanjutan ini diundang dari tenaga Relawan TIK Tulang Bawang.
  5. Dalam pertemuan selanjutnya akan ada penambahan ilmu pengetahuan tentang pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Penawartama, yang akan membantu menambah materi kegiatan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani tersebut.

Fasilitas Komputer sebagai persipan Perpustakaan sebagai sentra peyanan TIK telah dipersiapkan oleh pengelola perpustakaan (Dok.desa.id, Foto by : TM)

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah :

  1. Menambah wawasan kepada ibu-ibu Kelompok Wanita Tani Mandiri Mulya Kampung Dwimulyo, disegala bidang, baik bidang pertanian, pengolahan hasil tani, maupun marketing hasil pengolahan pertanian.
  2. Giat dan aktif memanfaatkan teknologi sehingga dapat mendukung kegiatan keharian Kelompok Wanita Tani dalam menambah nilai tembah pemasukan kelompok.
  3. Kemandirian dalam kelompok dan individu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  4. Cerdas bermedsos dan berinternet, adalah tujuan yang akan selalu dapat digunakan dalam keluarga, artinya orang tua harus memahami betapa bermanfaatnya internet, tetapi juga alangkah berbahayanya internet ketika kita salah dalam menggunakannya

Perpustakaan Anugrah akan terus berbenah sesuai dengan kemampuan dan tuntutan perkembangan jaman (Dok. des.id, Foto by :TM)

Jadi pada akhirnya pengelola perpustakaan dan masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani ini akan terbentuk menjadi kelompok yang memiliki integritas yang tinggi, memiliki keihlasan dalam bekerja memiliki kecerdasan, kesabaran, kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, sehingga dengan begita akan terwujudlah kesejahteraan bagi mereka dan keluarganya.

 

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan