Inovasi Tani “KITA HANYALAH MANUSIA BIASA SAJA”

Sejenak pagi

KITA HANYALAH MANUSIA BIASA SAJA

Oleh : Wayan Supadno/Pak Tani

Sungguh..
Saya merasakan begitu mirisnya tat kala ada sesama manusia sedang menyaksikan orang lain sukses dikatakan, ah itu mah kebetulan aja bukan karena dia beruntung cerdas dan kerja kerasnya.

Tapi..
Tat kala melihat orang lain gagal apalagi bangkrut, langsung menghakimi ah itu mah karena tingkahnya dia yang jauh dari kebaikan, dia sedang dimurkai dan dilaknati Tuhan.

Ada kejadian lagi..
Misal bencana alam musibah yang memakan korban, langsung juga berani mendahului Tuhan, itu mah karena dilaknati Tuhan. Tuhan sedang marah sama mereka.

Padahal..
Duka lara, musibah bencana dllnya bisa dan pernah terjadi di banyak tempat termasuk tempat paling hina dan bahkan tempat yang dikatakan paling suci sekalipun oleh umat manusia.

Sekali lagi pernah terjadi di ragam tempat, bisa kita saksikan di Tv, di tempat terhina, tempat biasa saja dan bahkan tempat katanya paling suci sekalipun pernah makan korban jumlah besar.

Saya hanya belajar menahan diri, turut belasungkawa, berdoa dan berbuat partisipasi semampunya seikhlasnya..

*Saya juga berusaha menjauhkan diri dari sikap menyalahkan pihak lain, menyalahkan yang sedang berjuang dengan segala pemgorbanan untuk mengurangi penderitaan korban, apalagi menyalahkan sesama manusia yang sedang berduka.*

Lebih penting lagi..

*SAYA BELAJAR DAN MELATIH DIRI, KEJADIAN TERSEBUT SAYA KEMBALIKAN KE DIRI SAYA SENDIRI, ANDAIKAN KEJADIAN TERSEBUT MENIMPA SAYA ATAU MENIMPA ORANG – ORANG YANG SAYA CINTAI, SUNGGUH BETAPA PEDIHNYA BATHIN SAYA JIKA DAPAT UCAPAN KALIMAT DARI SESAMA MANUSIA YANG JUSTRU MEMBEBANI SEOLAH MENDAHULUI NYA, PADAHAL KITA SAMA HANYA MANUSIA BIASA SAJA, TIADA PERNAH PUNYA HAK TAHU HARI ESOK BAIK DI DUNIA MAUPUN DI AKHERAT*

Semoga bermanfaat

Salam šŸ‡®šŸ‡©
WS/Pak Tani

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan