PENGGUNAAN DANA DESA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT

dwimulyo.desa.id I 30 September 2018. Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang merupakan kampung yang tergolong masih baru, sembilan tahun yang lalu terbentuk. Tepatnya pada tanggal 09 September 2009. Diresmikan oleh Bapak Bupati Abdurachman Sarbini (Mance).

Dari perkembangannya Kampung Dwimulyo termasuk memiliki perkembangan yang cukup bagus, onderlagh hampir semua jalur, Balai Kampung dibangun sejak tahun 2012 dan disusul balai pertemuan pada tahun 2015. Pembangunan oleh Kepala Kampung Pertama definitif Bapak Pendi Suharno.

Menggunakan dana desa dalam pembangunan dapat meningkatkan bidang pertanian, pendidikan, ekonomi, olah raga, dan juga dalam bidang keagamaan.

Pembangunan sarana cetak sawah, tanggul, dan pemberian bantuan sarana pertanian adalah bentuk keperdulian Pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam ikut membaiki ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara umum, khususnya Kampung Dwimulyo.

Tahun ini 2018 adalah tahun pertama kepala kampung terpilih setelah Bapak Pendi Suharno, yakni Bapak Sopan Setia, A.Md. untuk debut kariernya di Kepala Kampung Dwimulyo.

Tahun ini ada beberapa penggunaan Dana Desa yang diperuntukan dalam kategori peningkatan ekonomi masyarakat Kampung Dwimulyo.

Kegiatan-kegiatan yang dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat Kampung Dwimulyo pada tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Pembelian sapi gaduh dengan sistem sapi satu digaduh oleh masyarakat, ada dua pilihan sapi ssatu kembali dua ada sistem sapi gaduh murni. Program ini sesuai dengan program awal Kepala Kampung Dwimulyo.
  2. Pengadaan mesin cetak batu bata : Alat ini akan difungsikan oleh beberapa orang yng membentuk kelompok dibawah satu orang pimpinan, dan akan memproduksi batu bata secara terus menerus. Tujuannya selain untuk meningkatkan ekonomi juga mempercepat laju pembangunan masyarakat maupun kampung sendiri. Jadi proses pencetakan batu bata ini memiliki beberapa keuntungan, bisa  sekaligus pembuatan kolam, pembuatan drainase murah, dan lain-lain, yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat Kampung Dwimulyo.
  3. Pengadaan Mesin Sumur Bor. Ini sangat jelas sekali manfaatnya yang ditimbulkan oleh alat ini, seperti : penyedian air bersih bagi masyarakat, pengisisan kolam, pembuatan taman sayur, dapat terintegrasi dengan kegiatan ini. Kegiatan ini juga dapat mengatasi tingkat pengangguran dengan menempatkan pengelola sumur bor, sehingga beberapa orang dapat memiliki pekerjaan.
  4. Kegiatan kegiat yang lain masih dapat juga dikategorikan sebagai peningkatan ekonomi masyarakat seprti pengelolaan kebun Kelompok Wanita Tani, dan pemberdayaan PKK.

Sesuai dengan perkembangannya Kampung Dwimulyo akan terus berupaya dalam penerapan Dana Desa sebagai upaya memaksimalkan peningkatan bidang ekonomi masyarakat, bidang pendidikan, dan bidang-bidang yang lain yang sangat membantu mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat Kampung Dwimulyo.

Tahun ini dalam bidang peningkatan pengetahuan masyarakat Kampung Dwimulyo membangun sarana penguat jaringan internet. Ini dapat dimaksimalkan dengan gerakan melek teknologi yang akan dilakukan dalam membina masyarakat, baik itu dari karang taruna, pengelola UKM, dan lain-lain.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan