BOLA KACA (KISAH-KISAH PENUH HIKMAH)

dwimulyo.desa.id I 30 September 2018. Kisah-Kisah Penuh Hikmah kali ini menyajikan kisah yang berjudul :

 

BOLA KACA

Brian Dyson, mantan Chief Executif Officer (CEO) Coca Cola, Pernah menyampaikan pidato yang sangat menarik. Katanya “Bayangkan hidup ini seperti pemain akrobat dengan lima bola ditangannya.  Kita bisa menamai bola-bola itu dengan sebutan :

  1. Pekerjaan
  2. Keluarga
  3. Kesehatan
  4. Sahabat
  5. semangat

Kita harus menjaga bola-bola itu tetap diudara dan jangan sampai ada yang terjatuh. kalaupun situasi mengharuskan Anda melepaskan satu diantara lima bola tersebut maka lepaskanlah  “Pekerjaan” Karena pekerjaan adalah BOLA KARET. Pada saat Anda menjatuhkannya pada suatu saat ia akan dapat melambung kembali.

Namun empat bola lain seperti keluarga, Kesehatan, Sahabat, dan Semangat adalah BOLA KACA. Jika Anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal. Kemudian Dyson mencoba mengajak kita hidup secara seimbang.

Jangan Abaikan kesehatan demi pekerjaan

Pada kenyataannya kita terlalu menjaga Pekerjaan (bola karet) Bahkan kita mengorbankan keluarga, Kesehatan, Sahabat, dan Semangat. Dan demi menyelamatkan bola karet tersebut.  Demi uang atau pekerjaan, kita mengabaikan keluarga. Demi meraih sukses dalam pekerjaan kita tidak memperdulikan kesehatan. Demi uang atau pekerjaan, kita rela menghancurkan hubungan dengan sahabat baik.  Bukan berati pekerjaan tidak penting, tetapi jangan sampai uang atau pekerjaan akan menjadi “Berhala” dalam hidup kita.

 

Ingat kalaupun kita kehilangan, uang selalu bisa dicari lagi. Tetapi kalau keluarga sudah “terjual” kemana kita bisa membelinya lagi?

 

Apakah kita bisa membeli sahabat? Apakah kesehatan kita bisa kembali normal? jika kita terkena penyakit kritis.

Pesannya jangan sampai salah kita menempatkan prioritas dan kualitas dalam hidup dan kehidupan.

 

dikutib dari buku : Kisah-Kisah Penuh hikmah. Version03. 2014 Halaman 21-22.Kisah-Kisah Penuh Hikmah

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan