GO BLOG YANG TIDAK GOBLOK

GO BLOGG itu tidak GOBLOG

 

dwimulyo.desa.id | 29-09-2018

Internet pada saat ini terdiri lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia di tujuh puluh negara. Sekitar 25 juta orang dapat saling berkirim pesan dan informasi melalui internet. Internet pertama ARPANET yang merupakan jaringan riset, yang digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk teknologi digital pada tahun 1969.

Internet menjadi lambang, penyebaran pengetahuan, informasi, dan data yang sangat cepat.

Mengakses internet dapat diartikan melihat-lihat atau menjelajah. Browsing menggunakan sowftware atau yang sering disebut web client.

Website berisi halaman web, gambar, video, dan aset digital yang dipandu oleh web server.

Sementara ini kita mengakses internet saja sudah menganggap bahwa itu bukti bahwa kita tidak lagi masuk dalam golongan “Gaptek” atau orang sering menyebutnya dengan istilah sudah “melek” teknologi. Tetapi kita belum bisa diakses.

Mari kita saatnya menunjukkan kepada dunia bahwa kita siap diakses, melalui desa.id, melaui web gratisan seperti Multiply, wordpress, atau blogspot. Istilah yang sering kita pakai adalah ngeblogging, (go blogg)

mengapa harus ngeblog?
1. Bisa sebagai diary

Blog merupakan sarana kita menuliskan, mengumpulkan, mengoleksi apa yang kita inginkan di internet.  Baik itu berupa catatan harian, koleksi materi,  dan lain-lain.

2. Sarana publikasi

Publikasi sangatlah penting bagi kita semua, sehebat apapun kegiatan tanpa ada yang tahu, maka seperti hilang begitu saja. Publikasi juga akan memberikan stimulan untuk terus lebih berbuat baik.

3. Sarana sosialisasi

Komunitas blogger tidak hanya terbatas lokalan saja, bahkan sudah tingkat provinsi dan nasional.

4, Gratis

Aada banyak layanan pembuatan blog gratis, multiply, livejournal, wordpress, dan blogger.

5. Mudah

Membuat blog hanya butuh waktu beberapa menit, hampir sama dengan kita membuat acount email atau gmail.

6. Cocok semua umur

Tidak ada syarat khusus dalam membuat blog. Termasuk umur. Guru, aparatur, dan semua bisa membuatnya.

7. Melatih kemampuan berfikir

dengan memiliki blog dan mengelolannya kita terlatih untuk berfikir, terencana dan tersetruktur.


8. Sarana berdakwah

Nah, jadi selayaknya kita semua sudah mulai diakses oleh dunia, Tidak lagi setiap hari (itupun kalau setiap hari) mengakses.

Manfaat yang lain yang tidak kalah pentingnya adalah ketika kita bisa diakses, kita akan dilatih untuk terus berfikir apa yang harus kita lakukan, “action” apa hari ini? yang pada akhirnya perkembangan kita sebagai manusia pembelajar bisa terpenuhi.

Semoga bisa.
(Trisno,
29 September 2018)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan