CARI, TEMUKAN DAN PENUHI MAUNYA PASAR

Sejenak pagi

CARI, TEMUKAN DAN PENUHI MAUNYA PASAR

Oleh : Wayan Supadno/Pak Tani

Sekitar 2 tahun silam saya ikut sebuah kongres kelapa sawit, saat rehat saya nimbrung di ruang VIP, di antara para pengusaha sawit saling cerita ada yang baru pulang dari Malaysia dan 1 lagi cerita baru pulang dari Singapura, selain urus bisnisnya hanya sekedar ingin menikmati Raja Buah yaitu Durian Musang King. Saya diam seribu bahasa, hanya menyimak segala macam pujian kepada buah tersebut.

Malamnya di Group Gemar Bertani, salah 1 member adalah eksportir yang sering ke Jegang, RRC dllnya., kok pas posting foto – foto durian Musang King yang banyak sekali di RRC bahkan sedikit diuraikan kebutuhab salah 1 pasar induk di RRC terhadap buah – buahan utamanya durian, selama ini potensi besar sekali tersebut diisi oleh Malaysia, bahkan ada beberapa kebun profesional intensif di Malaysia telah dikontrak oleh orang RRC.

Karena saya penasaran, paginya saya pergi survey ke beberapa Toko Buah Segar di Jakarta Timur, saya kaget sekali setelah tahu harga per kg nya dijual Rp 350.000 atau minimal Rp 550.000/butirnya, itupun laris manis. Benar – benar luar biasa. Saya bingung tak habis pikir. Jika di Petabni hanya dihargai 30% saja berarti Rp 100.000/kg nya, jika 40 ton/ha/tahun saat sudah berbuah normal .
Hem..

Lalu saya kejar mencari tahu Kebun Induknya, sangat misteri dan terisolir, walaupun akhirnya saya ketemukan dan bisa goal menembusnya juga, itu saya kakukan karena saya kalkulasikan jika 1 ha 157 pohon (jarak tanam 8 x 8 meter), jika 1 pohon kelak 200 butir dan 1 butir di Petani dihargai Rp 300.000 saja, ketemulah omsetnya 157 pohon x 200 butir x Rp 300.000/butir, jumlahnya terlalu banyak.
Hehe …

Rasanya..
Inilah jalan pintas memperjuangkan kenakmuran sekaligus kesejahteraan Petani kita, utamanya yang masih berlahan sempit.

*Sengaja pagi ini saya posting Kebun Induknya, karena semalam salah 1 member group medsos ada yang minta foto dan videonya indukannya, karena saya menjual bibitnya. Ini bagi saya positif saja dan penting sekali*.

Di Kebun Induk tersebut ada 178 pohon Durian Musang King, 80 an Durian Duri Hitam (Ochee), sisanya Durian Bawor dan Tai Babi (Asli Bangka). Semuanya Top nya Durian. Sekali lagi Top Markotop nya dunia durian.

Pendapat saya pribadi, *_” Jika kita sudah ada pada masa perdagangan era global, maka agar tetap nakin kompetitif mesti mencari dan menemukan lalu memenuhi maunya pasarnya global, sekalipun itu harus memakai hasil inovasi global juga, dari pada kita tergilas habis karenanya, misal hikmah Durian Montong Thailand puluhan tahun telah menguasai pasar durian menengah ke atas di Negara kita ini

Semoga bermanfaat..

Salam Inovasi Era Global šŸ‡®šŸ‡©
WS/Pak Tani
WA 081586580630

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan