LOMBA KEBERSIHAN DAN KREATIFITAS JALUR KAMPUNG

Jalur Flamboyan Pemenang Pertama Lomba Jalur Kampung Dwimulyo Tahun 2018 (Dok. TM)

dwimulyo.desa.id I 27 September 2018.

Kampung Dwimulyo dalam rangka memperingati Hari Terbentuknya Kampung Dwimulya Tahun 2018 ini mengadakan lomba jalur, Jalur ini akan dinilai baik kebersihannya, tanaman toga, tanaman sayur, serta kreatifitasnya.

Tujuan dari diadakannya lomba jalur ini adalah untuk meningkatkan dan menumbuhkan sikap andarbeni, sikap gotong-royong, sikap keperdulian, sikap kebersamaan untuk tingkat jalur. Memang akhir-akhir ini sangat terasa dan terlihat bahwa gotong – royong sudah mulai bayak yang meninggalkannya.

Plang Dakwah Jalur

Lomba ini yang dinilai adalah 70 persen penilaian wajib dan 30 persen penilaian untuk kreatifitas jalur. Untuk 70 persen yang penilaian wajib, yaitu :

  1. BENDERA DAN UMBUL-UMBUL

Bendera dan umbul-umbul ini dinilai dengan ketentuan sebagai berikut: Penilaian kekompakan dan keseragaman, skor maksimal 15. Skor maksimal jika semua memasang umbul-umbul, skor minimal adalah jika paling sedikit yang memasang umbul-umbul. Jika ada yang tidak memasang umbul-umbul maka diambil prosentase dari jumlah KK dengan jumlah KK yang memasang. Begitu juga dengan keseragaman.

2. PAGAR

Pagar juga dinilai berdasarkan kekompakan dan keseragaman. jumlah peserta yang ada saat ini adalah delapan jalur. Ketentuan penskoran adalah sebagai berikut :

Skor maksimal 10, Skor maksimal adalah jika semua memasang pagar (pagar permanen dan pagar hidup dihitung seragam dan kompak). Skor minimal adalah jika paling sedikityang memasang. Jika ada yang tidak memasang adalah dengan cara diprosentase, dari jumlah KK dengan KK yang memasang.

3. PATOK MINI

Penilaian patok mini sama dengan tata cara penilaian baik umbul-umbul maupun pagar.

Warung Hidup di Jalur Flamboyan

4. TOGA dan WARUNG HIDUP

Skor maksimal 10. Skor maksimal jika semua ada menanam toga dan warung hidup. Skor minimal adalah yang paling sedikit menanam toganya. Jika ada yang tidak memiliki toga maka diambil prosentase dari jumlah KK dengan jumlah KK yang menanam Toga atau Warung hidup.

Tempat Pembuangan Sampah di Jalur Flamboyan

5. KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Pada lomba kali ini masih dibatasi kebersihan lingkungan rumah dan kebersihan lingkungan jalan. Skor maksimal adalah 15. Skor maksimal jika jalan dan halaman rumah kelihatan tampak bersih dan sehat.

6. KREATIFITAS

Kreatifitas ini skornya cukup lumayan yaitu 30. Mengapa demikian, ini untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar dapat mengembangkan secara maksimal daya imajinasi berkreatifitas, dalam rangka memperbaiki kegiatan untuk jalur masing-masing.

Ketentuan lain yang harus dipahami oleh peserta adalah ketentuan umum.

  1. Lomba ini adalah lomba jalur
  2. Jalur yang dinilai adalah jalur arah Utara – Selatan untuk RK 1,2, dan 3 dan arah Barat -Timur untuk RK 4.
  3. Tim Juri dari Kecamatan dan Polsek Penawartama
  4. Keputusan Tim Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Hadiah pertama adalah uang pembinaan Rp2.000.000 dan dua buah sumur bor.
  6. Hadiah kedua adalah uang pembinaan sebesar Rp1.000.000.

Keputusan Juri dan Rekapitulasi Nilai Lomba Jalur Kampung Dwimulyo Tahun 2018 dalam rangka Hari Ulang Tahun Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Lampung :

Juara I diraih oleh Jalur Flamboyan dengan skor 83.

Juara II diraih oleh Jalur delima dengan perolehan skor 53.

Lomba jalur ini akan terus dikembangkan setiap tahunnya agar masyarakat semakin memiliki keperdulian dlam jangka panjang untuk terus meningkatkan kebersihan, kemandirian, dan kesejahraan masyarakatnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan