MENINGKATKAN MINAT BACA DENGAN CARA KEGIATAN EKSPEDISI

Kegiatan Ekspedisi Perpustakaan Anugrah Dwimulyo

dwimulyo.desa.id I 26 September 2018. Perpustakaan Anugrah Dwimulyo yang terletak di Kampung Dwimulyo Jalan Flamboyan ini telah beberapa kali menjadi juara pertama pada lomba Perpustakaan desa untuk tingkat Kabupaten Tulang Bawang.

Seiring dengan perkembangan teknologi diera digital ini, budaya membaca sudah semakin hilang, jarang sekolah-sekolah yang memerintahkan siswanya untuk tetap membaca atau mempertahankan membaca dalam sehari minimal sekian menit, dalam satu minggu minimal sekian buku dan lain-lain. Era digital juga berkembang semakin pesat, ini harus disikapi oleh masyarakat ataupun orang tua agar anak tidak terlampau diperbudak oleh gadget, sehingga kreatifitas, kepekaan sosial semakin menipis dan terus menipis hingga pada akhirnya menghilang.

Kegiatan Ekspedisi di Perpustakaan Anugrah Dwimulyo

Perpustakaan Anugrah Dwimulyo yang dikelola oleh Ibu Insaf Setia, S.Pd. ini dalam upaya mningkatkan minat baca anak atau warga perpustakaan anugrah melalui berbagai kegiatan, satu diantaranya adalah kegiatan ekspedisi.

Kegiatan ekspedisi ini dirangkai sedemikian rupa sehingga mampu menimbulkan rangsangan terhadap anak akan membaca. Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan setiap seminggu sekali, agar lebih bisa membiasakan terhadapa anak untuk bisa tumbuh akan kegemaran membacanya.

Resume dari kegiatan ekspedisi ini adalah sebagai berikut :

Kegiatan berjalan-jalan dialam bebas dengan melintasi pos-pos tertentu, yang didalam pos tersebut ada tugas-tugas dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

Pos-pos kegiatan ekpedisi berisi tugas dan permainan

Secara umum pada kegiatan ekspedisi ke tiga kemarin yang dilaksanakan pada minggu ke dua Bulan Juli 2018 terdiri dari beberapa pos atau pangkalan.

POS I :

Pos nasihat dan membaca, anak diberi petunjuk akan pentingnya kegiatan ini, pentingnya membaca, dan pada akhirnya di Pos pertama ini anak-anak diberi tugas menceritakan kembali dalam waktu lima menit dari isi buku yang telah dibacanya tersebut.

Anak anak kemudian mencari buku diperpustakaan, kemudian mencari tempat sesuka hati boleh di ATM (Anjungan Tempat Membaca) disekitar kolam ikan, dibawah pohon yang rindang dan lain-lain, sesuai keinginan mereka,

POS II

Pos ini setelah berjalan kearah kebun KWT (Kelompok Wanita Tani) Mandiri Mulya, berhenti tepat dipangkalan Pos II yang ternyata ada tugas membaca puisi dari buku yang dibawanya, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu-lagu kesukaan anak-anak diarahkan kepada lagu-lagu daerah.

Pos III

Pos ini ditempatkan di sebuah kebun warga Kampung Dwimulyo, dengan lindungan pohon-pohon pisang yang cukup rindang. tugas dipos ini adalah permainan kekompakan sesama teman-teman peserta ekspedisi. Yakni dengan mengangkat dan memindahkan aqua gelas memakai benag yang digotong bersama-sama.

Pos IV Menyanyikan Lagu daerah

Ekspedisi ini bisa dilakukan dengan berbagai metode dan cara yang bervariasi, sesuai dengan sasaran dan tujuan yang akan dicapai. Beberapa tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Meningkatkan minat baca, agar anaok-anak tetap bisa membaca dalam keadaan tertarik.
  2. Meningkatkan rasa solidaritas dan tanggung jawab, baik terhadap tugas mandiri maupun tugas kolektif.
  3. Mengenalkan prinsip belajar seraya bermain, dan bermain sambil belajar.

Hambatan yang selama ini terjadi adalah :

  1. Kurangnya tenaga atau pembina atau pendamping yang merancang kegiatan sampai pada pelaksanaan.
  2. masih minim sarana yang dapat dipakai, termasuk dari sisi teknologi dan sarana edukasi lainnya.

Perpustakaan Anugrah Dwimulyo yang dirintis sejakTahun 2011 ini, tetap komitmen turut mencerdaskan masyarakat melalui kiprah perpustakaan. Semoga dapat terus bertambah baik kegiatan, bahan pustaka, serta dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Semoga Tahun 2019 dapat anggaran dari Pemerintah KAmpung Dwimulyo melalui Dana Desa. Aamiin. (TM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan