INDAHNYA PANORAMA PEDESAAN

Panorama di seputaran jalan produksi Kampung Dwimulyo (Doc. A. Sodik)

dwimulyo.desa.id. I 26-09-2018. Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang adalah suatu kampung yang memiliki areal tiga besar kampung terluas di Kecamatan Penawartama.

Kampung Dwimulyo, merupakan daerah yang sebagian besar terdiri dari daerah rawa, ladang, dan sebagian kecil adalah lahan untuk perumahan.

Lahan yang terluas adalah lahan persawahan, sayangnya sampai saat ini belum dapat tergarap secara maksimal. Masih banyak areal persawahan yang hanya dihamparkan atau digarap sekedarnya saja, meskipun demikian banyak yang menikmati keindahan alamnya. Khususnya jika mulai musim kemarau atau sehabis musim hujan. akan banyak ditumbuhi rumput-rumput liar yang dapat mekar secara serentak, dapat menmbah keindahan.

Rumput ilalang yang tumbuh subur di Kampung Dwimulyo

Rerumputan yang tumbuh subur di area peladangan ini terdiri dari rumput ilalang, rumpun bambu-bambuan, dan tumbuhan kayu yang tumbuh secara cepat dimusim penghujan. Kayu Gelam. Sejak tahun 2011 oleh pemerintah sudah mulai dibuatkan tanggul sebagai sarana dalam mencetak areal persawahan, tetapi beberapa kali tanggul tidak mampu menahan debit air yang terlalu besar, sehingga membuat tanggul menjadi jebol.

Areal sawah di Kampung Dwimulyo sebenarnya sangat berpotensi sebagai lumbung pangan, tetapi pengolahan yang belum maksimal mengakibatkan sering terjadi gagal panen.

Area Spot yang bagus untuk berfoto ria

Akhir-akhir ini, meskipun padi sebagian masih banyak yang gagal akibat banjir dan belum kompak waktu tanam, masih sangat banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk area rawa di Kampung Dwimulyo.

Area memancing adalah favorit kalangan pemancing di seputaran Penawartama. Jika dikelola lagi dikembangkan kembali menjadi area wisata rawa potensi yang ada saat ini sangat cocok sekali. Potensi yang bisa dikembangkan adalah :

  1. Sungai pidada dan pinggirannya
  2. Area Tanggul sepanjang area cetak sawah.
  3. Area persawahan.
  4. Area rawa.

Jika dengan kejelian ditata sedemikian rupa, maka bisa berpotensi menjadi destinasi wisata rawa  di Dwimulyo yang bisa dikembangkan.

Dikelola dengan penambahan :

  1. Tanaman hias dan tanaman buah sepanjang tanggul.
  2. Saung -suang pemancingan dan saung-saung atau angkringan untuk rehat dan ngopi.
  3. Dibuatkan spot-spot untuk berfoto dan berselfie, bagi pengunjung.
  4. Area berperahu dayung dan diarea sawah berburu belut.
  5. Dibuatkan jalan-jalan diatas sawah dan atau diatas rawa.
  6. Disediakan sarana wifi dan hiburan lain, seperti internet murah.
  7. Kolaborasi dengan kampung seberang sungai agar akses jalan bisa tembus.

Satu diantara spot swafoto di Kampung Dwimulyo

Dwimulyo memang sarat potensi, tinggal penggarapannya sangat dibutuhkan tangan-tangan kreatif dan pekerja keras pantang menyerah. Karena selain kita berfikir akan menciptakan keindahan yang akan dikunjungi oleh orang luar, tetapi dapat pula meningkatkan ekonomi masyarakat Dwimulyo secara umum. Dan ini bisa terwujud dalam jangka panjang dengan sebuah perjuangan yang panjang tanpa lelah.

Mungkinkah bisa? sebuah pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh waktu. Tetapi terlepas dari itu semua, hari ini, sore ini kita sudah bisa menikmati panorama alam yang alami di Kampung Dwimulyo.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan