Testimoni Pentingnya Infrastruktur bagi Petani

Lokasi Pertanian Kampung Dwimulyo

dwimulyo.desa.id | 25-09-2018

TESTMONI PENTINGNYA INFRASTRUKUR BAGI PETANI DAN PERAN PETANI DI TAHUN POLITIK

Oleh ; Wayan Supadno/Pak Tani

Saya pernah baca sebuah buku, isinya singkat kata seperti ini ” Jika engkau mau jadi orang baik bijak cerdas dan karena itu lalu bisa dirasakan olah umat banyak manfaatnya dalam waktu lama maka jadilah Politikus “, artinya dari sekian banyak kebijakan yang paling besar pemgaruhnya adalah kebijakan politik.

Saya hanyalah seorang pelaku usaha di bidang pertanian, punya usaha pupuk hayati di Cibubur, kebunpun ada di 2 lokasi yaitu Banyuwangi dan Pangkalanbun Kalteng, tentu ke 3 lokasi ini sering dan rutin saya kunjungi guna mengontrol pekerjaan.

Dulu..
Dari Jakarta mau ke Pangkalanbun naik pesawat bisanya hanya 2 x seminggu yaitu Senin dan Kamis karena jadwal terbangnya cuma itu. Tentu menyulitkan saya selaku Petani dalam beraktivitas.

Sekarang…
Sudah tiap hari bahkan 2x per hari Jakarta ke Pangkakalanbun, itupun Bandara Iskandar Pangkalanbun berjubel karena banyak penerbangan ke Surabaya, Semarang dan kota lainnya.

Dulu..
Dari Jakarta ke Banyuwangi mesti mendarat di Juanda lalu naik travel mobil rental atau kereta api selama 7 jam perjalanan darat hingga sampai kampung halaman saya.

Sekarang ..
Dari Jakarta ke Banyuwangi bisa 5 x penerbangan per harinya, tinggal pilh jam terbangnya dan pesawatnya apa, hanya butuh waktu 75 menit dari Jakarta ke Banyuwangi, hingga ke kampung halaman tambah jalan darat 1 jam lagi, langung bisa kerja, harga tiket pesawat hanya sekitaran Rp 500.000, wajar penumpangnya slalu penuh. Tentu ini menyenangkan, menambah semangat untuk lebih berkarya nyata.

Begitu juga infrastruktur di pedesaan, saya perhatikan banyak jalan dan irigasi persawahan banyak yang dinormalisasi, bahkan terasa lucu karena banyak desa di Banyuwangi bagian selatan kalau malam terang, akibat ada lampu jalan desa tiap 50 meter terang benderang.

Biaya ongkos kirim barang turun..

Dulu ..
Selama 5 tahun ini saya rutin kirim sarana perkebunan utamanya pupuk cukup rutin dari Cibubur ke Pangkalanbun biayanya Rp 19 juta/kontainer.

Sekarang..
Terasa aneh saja, karena saat katanya banyak harga naik tapi malah ongkir jadi Rp 15 juta/kontainer, turun Rp 4 juta/kontainer.
Jika setahun 20 kontainer saya bisa hemat Rp 80 juta/tahun.

Tentu ini patut saya syukuri sebagai Pelaku, semua saya rasakan perubahan nyata itu, semua di atas saya sadari berkat danpak dari kerja kerasnya Yth. Para Politikus di atas sana.

*INTINYA, IBARAT DALAM MEMENANGKAN KOMPETISI SLALU DIDASARI KEKUATAN LOGISTIK, MAKA JIKA SAYA SELAKU PETANI MEMILIH CALON PARA PEMIMPIN, SAYA AKAN MEMLIH YANG MAU PASTI PEDULI MASA DEPAN PETANI, YANG MAU MENAIKKAN ANGGARANNYA KE KEMEN. PEDESAAN DAN PERTANIAN HINGGA MINIMAL 10% DARI TOTAL APBN KITA, LAZIMNYA NEGARA AGRARIS LAINNYA, AGAR LELUASA MENGELOLANYA, KARENA MASIH BANYAK SDM PERTANIAN HARUS DITINGKATKAN KUALITASNYA DAN MASIH BANYAK LAHAN SUBUR TERLANTAR AKIBAT KURANGNYA INFRASTRUKTUR MAUPUN KURANG MEMBUMINYA INOVASI*

Selamat berlomba kebaikan; program yang terukur dan bisa dipertanggung jawabkan untuk mewujudkannya, demi Indonesia lebih baik lagi.

Salam 🇮🇩
WS/Pak Tani
WA 081586580630

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan