LOMBA KWT KECAMATAN PENAWARTAMA

 

Dwimulyo.desa.id, (Kamis, 22/03/2018) Wiratama. Lomba Kelompok Tani Wanita di tingkat Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Lampung, diadakan oleh Balai Penyuluh Pertanian  Kecamatan Penawartama. Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Wiratama, kegiatan ini diikuti oleh empat belas KWT.

 

Kegiatan lomba dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama yang diikuti oleh tujuh KWT menjadi tujuh kelompok peserta, kemudian tujuh KWT lagi menjadi peserta pada sesi kedua. Perlombaan dimulai pukul 09.00 sesi pertama yang diikuti tujuh kelompok tersebut melombakan kegiatan sebagai berikut :

  1. Lomba yel-yel
  2. Lomba cerdas cermat
  3. Lomba membuat kue berbahan baku singkong satu kg

Kegiatan ini diadakan setiap tahun sekali,  tahun ini Kampung Dwimulyo meskipun KWT baru dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dengan Tim yang dikirim adalah :

  1. Ibu Isnaini.
  2. Ibu Suparmi
  3. Ibu Asih Trianti
  4. Ibu Eka Anggraini

Adapun materi lomba pada cerdas cermat, adalah :

Pertanian dengan berbagai pertanyaan seputar cara tanam, cara memupuk, ilmu tentang kelompok tani, gapoktan, peternakan, dan bahkan sampai pada perkebunan. Setiap kelompok mendapat lima pertanyaan kemudian ditambah dengan babak rebutan. Nilai tertinggi pertama dan kedua akan diadu lagi pada final bulan depan.

Pada kegiatan lomba masakan berbahan singkong, Kampung Dwimulyo mengirimkan es krim berbahan dari tape singkong. Hasilnya sebenarnya cukup luar biasa berpotensi untuk dikomersialkan, tetapi yang menang pada lomba makanan tersaebut dari Kampung Trijaya dengan dodol singkongnya.

Terakhir pengumuman pemenangnya adalah :

Juaranya yang masuk final adalah : Kampung Trijaya, Kampung Tri Rejomulyo, Kampung Trikarya, dan Kampung Sidomakmur.

 

Perlombaan ini akan diteruskan dengan lomba :

  1. Kebun Toga KWT
  2. Fashion Show Kartini luwes
  3. Pembuatan Tumpeng Tiwul

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, hanya perlu diperbaiki untuk kedepannya, seperti :

  1. Juri untuk makanan seharusnya tidak hanya satu atau dua orang, dan diusahakan dari kalangan yang betul betul kompeten, misalnya dari kesehatan, dari ahli kuliner, dari pertanian, dan dari usahawan. Jadi kriterianya jelas, dari sisi kemasannya, dari sisi kesehatannya, begitu seterusnya.
  2. Soal-soal semestinya setiap tahun diolah ulang, dari sisi tata bahasanya, agar tidak terkesan sekian tahun soalnya tetap tanpa ada perubahan.
  3. Pemenang (orangnya) yang lebih tiga kali menang, sebaiknya diberi batasan, agar tidak boleh mengikuti lagi atau diganti oleh peserta lain.
  4. Menjawab sebelum disebutkan pertanyaanya, tidak diperbolehkan. Karena ini kesan yang ada adalah bahwa soal sudah jadi, dan bukan dipemahaman tetapi hanya dihafalan saja.

Secara umum, kegiatan ini akan memacu semangat ibu-ibu KWT, tetapi akan lebih bersemgat lagi ketika dititikberatkan bagaimana KWT mampu membantu meningkatkan pendapatan para anggotannya. KWT Mandiri Mulya Dwimulyo berharap agar KWT ini mampu setidaknya tidak akan membeli sayuran setiap harinya dimulai dua bulan kedepan, karena kebun-kebun KWT sudah mulai produksi minimal kebun sayuran yang dikelolanya. Kegiatan ini dapat dipacu dengan terlibatnya Kampung untuk menggerakannya melalui kucuran Dana Desanya dalam memperkuat kegiatan KWT setiap tahunnya.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan