PEMBANGUNAN KANTOR TPK

Pembangunan Gedung TPK Tampak sedang Dimulai

Dwimulyo, 10 Maret 2018. Kampung Dwimulyo selain memiliki daerah yang terdiri dari persawahan, yang saat ini masih dalam proses penggarapan lahan dan akan terus dikembangkan. Sebagian besar arealnya yang semula area lahan II atau peladangan sekarang ini adalah merupakan area Plasma Sawit. Kerjasama dengan PT SIP (Sumber Indah Perkasa) dengan KUD Krida Sejahtera Penawartama.

Tahun 2009 adalah tahun awal Kampung Dwimulyo dimekarkan. Kampung Induk Sidomulyo dimekarkan menjadi dua kampung pemekaran dan satu kampung induk, yakni kampung Sidomulyo sebagai kampung induk dan Dwimulyo serta Sidomakmur adalah kampung pemekaran.

Lahan sawit yang dimiliki Kampung Dwimulyo sangant luas diatas empat ratus kavling, dengan kavlingan setara satu hektar dan tiga perempat hektar. Area ini sekarang sudah ditanami sawit sejak tahun 1996 dan diplasmakan. KUD krida Sejahtera adalah pengelolanya.

KUD selaku pengelolan dibangunlah satu tempat disetiap kampungnya yaitu TPK (Tempat Pelayanan Koperasi) ini mewakili KUD Pusat yang berada di Kampung Bogatama. Sehingga gajian untuk petani sawit ini sudah melalui tempat khusu yakni TPK.

Tahun ini 2018, Kampung Dwimulyo membangun Kantor TPK, dana anggaran yang digunakan untuk membangun ini diambilkan dari dana petani kelapa sawit yang ada di Dwimulyo. hal ini untuk lebih memudahkan birokrasi ataupun untuk memudahkan koordinasi baik itu tentang  pembayaran pekerja maupun para petani dalam setiap bulannya.

Pembangunan Kantor TPK ini didanai dengan Dana Petani

Kebun kelapa sawit ini, saat ini masih gabung dengan kampung induk, yakni Kampung Sidomulyo. Semoga setelah adanya replanting atau pembongkaran tanaman kelapa sawit yang sebentar lagi tidak produktif, akan bisa dikelola secara mandiri oleh TPK Kampung Dwimulyo.

Kondisi tanaman kelapa sawit saat ini yang paling mengenaskan adalah hama Wawung, sejenis mahluk yang menyerang tunas atau empol kelapa sawit. Ketika Kelapa sawit sudah terserang wawung, maka hampir sudah bisa dipastikan akan mati, tanaman ini.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan