BERGERAK LEBIH CEPAT DARI YANG MEREKA KIRA

Grafik Posisi Kampung Dwimulyo, dan Estimasi yang Berbanding dengan great Kampung se Penawartama

dwimulyo.desa.id, (Sabtu, 10 Maret 2018) Urutan Kampung Dwimulyo jika tidak mau diurutkan pada posisi buncit, maka posisi nomor sembilan adalah posisi yang paling berani, utnuk peringkat Kampung termaju atau terbaik di Penawartama. Mengapa demikian? Karena Kampung Dwimulyo ada lima kampung yang bersamaan beridirinya, sementara untuk kampung lainya merupakan kampung-kampung induk atau kampung-kampung yang dimekarkan. Berdiri kisaran tahun 1986. Jadi dengan Kampung Dwimulyo selisih 23 tahun. Mungkinkah kampung yang selisih 23 tahun akan dapat lebih baik untuk kampung yang lebih belakangan, sementara usia yang kampung belakangan masih 9 tahun.

Kampung Dwimulyo jika tidak mau tetap ketinggalan harus memiliki kemauan yang sangat keras dalam kesehariannya. Jika setiap berjalan seperti biasa layaknya kampung maka hampir dapat dipastikan bahwa posisi Kampung Dwimulyo akan tetap seperti sekarang pada posisi lima atau enam dari belakang. Jika kita bergerak bukankah yang lain juga bergerak.

Bergerak lebih cepat daripada yang mereka kira. inilah ynag harus dilaksanakan. artinya kita harus matang membuat perencanaan, lebih lama bekerja dari pada orang lain, lebih semangat daripada semangat orang lain, lebih kompak dan menjunjung kebersamaan dari pada kampung lain. lebih dan lebih segalanya. Mampukah?

Beberapa alternatif ini yang harus ditempuh untuk dapat mencapainya,  itupun jika yang lain tidak mengikutinya,  atau memiliki prinsip yang sama dengan kita,  yakni bergerak lebih cepat bahkan mungkin tidak sekadar berjalan lagi tetapi sudah berlari

Pekerjaan terberat kita adalah bagaimana mengubah pola pikir agar kita terbiasa menjadi manusia yang trengginas. Beberapa kegiatan yang harus dilakukan untuk menumbuhkan karakter membangun dengan kesigapan yang luar biasa, adalah sebagai berikut :

  1. Pelatihan dan Pembinaan Aparatur Berkelanjutan

Pembinaan dan pelatihan aparatur berkelanjutan adalah sebuah kegiatan, untuk membina aparatur setiap saat dan dilaksanakan secara berkelanjutan tiada henti. Kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap satu hari dalam seminggu, misalnya atau sebulan sekali. Adapun materinya ada berbagai ragam seperti :

a. Administrasi Kampung, yakni sesuai dengan tupoksinya kemudian mempersiapkan administrasinya dan bagaimana membuat serta mengisinya.

b. Mengentri data baik itu tentang prodeskel, sideka, website, atau data-data online lainnya. Keterampilan ini diharapkan dimiliki oleh semua aparatur dari RT sampai ke Juru Tulis Kampung.

c. Pengajian bersama aparatur kampung, ini adalah untuk mengisi rohaninya, agar lebih dewasa, lebih sabar dalam menghadapi masyarakat.

d. Menyampaikan materi kepada masyarakat dengan memakai media elektronik.

e. Problem solving

f. Menyusun program kegiatan, mengevaluasi kegiatan dan lain-lain

 

2. Pemanfaat TIK secara cerdas

a. Melalui sosialisasi dan pamong harus mampu menyosialisasikan ke masyarakat tentang internet sehat.

b. Menggunakan Medsos secara cerdas dan bermanfaat untuk Kampung dan pribadi

 

3. Bersedia memiliki integritas, komitmen, semangat, dan pengabdian serta loyalitas yang baik

Ini sebenarnya yang paling utama dimiliki oleh aparatur pemerintahan desa.  Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama memiliki Aparatur yang masih terbilang sangat muda-muda, untuk itu sebenarnya peluang untuk sukses sangat tinggi. Kendali dan terobosan serta kekuatan dalam mengarahkan aparatur oleh Kepala kampung menjadi kunci yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

 

Bagan Kemampuan Dasar yang Harus dimiliki Aparatur Kampung Dwimulyo  
Facebook Comments