BELAJAR MENGGAMBAR DI PERPUSTAKAAN DWIMULYO

Dwimulyo. Jum at, 09 Maret 2018. Perpustakaan Anugrah Dwimulyo adalah perputakaan Kampung dwimulyo, yang berdiri sejak tahun 2011. Perpustakaan ini pernah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang cukup ramai saat itu, tahun 2015, menyelenggarakan Kemah Perpustakaan, kedatangan tamu dari Jakarta dalam rangka memberikan tambahan bagi ibu-ibu, dan memberikan sumbangan Bahan Pustaka. Berupa buku-buku sekitar tiga ratusan buku-buku yang masih sangat bagus.

 

Perpustakaan Anugrah Dwimulyo ini dikelola oleh Ibu Insaf Setia, cukup konsen dlam mengembangkan pendidikan dimasyarakat. melalui berbagai kegiatan, seperti memberikan pelajaran tambahan, kerjasama dengan sekolah terdekat dlam meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat.

Setiap hari Minggu ada anak-anak belajar, ada yang belajar menulis indah, melukis, dan kepramukaan. Minggu ini, 04 Maret 2018 ada anak sekitar Perpustakaan yang belajar menggambar.

 

Menggambar adalah menyalurkan ekspresi yang ada dalam diri anak-anak, sebagai objek pada pertemuan kali ini, Pak Trisno yang merupakan tutor menggambarnya, memberikan objek gambar berupa sesisir pisang muli.

 

Sesisir Pisang Muli yang Sudah Matang

Dengan objek tersebut anak -anak mengambil tempat dari berbagai sisi arah pandang dari objek. Harapanya akan ada perbedaan hasil gambaran berdasarkan arah pandang si anak terhadap objek gambar.

Haslinya pun ternyata berbeda, ini ada beberapa hasil gambaran yang dari sudut pandang berbeda tetapi masih dekat.

 

Karya Anak dari Sisi Depan Agak Samping

Selain mengajarkan dari cara pandang dari objek pajak, dalam menggambar dilatih juga dalam cara mengarsir dengan menggunakan pensil warna, pencahayaan, dan persepektif gambar.

Gambar Pisang dengan sisi yang sama dengan gambar diatas/sebelumnya

Menggambar adalah melatih sikap kesabaran, kehalusan, keindahan, dan kerjasama. Pembentukan karakter kebangsaan Indonesia juga merupan target yang harus dimiliki oleh anak-anak dari seringnya proses pembelajaran ini. Selain memang sianak diharaokan betul-betul mampu untuk menggambar yang bagus.

Gambaran yang bagus adalah ketika semua merasa nyaman melihatnya, khusus untuk anak-anak. Kedepan pembelajaran menggabar ini dapat dikolaborasikan dengan keterampilan anak-anak yang juga harus dipelajari oleh anak-anak, Keterampilan ini adalah perpaduan dari berbagai keterampilan-keterampilan dasar. Misalnya anak dapat membuat keterampilan peta dati bubur kertas, tentunya keterampilan ini dapat jadi indah kalau selain bubur kertas anak mampu menggambar peta diatas bubur kertas tersebut.

Pembelajaran menggambar ini setiap selesai selalui diselingi permainan edukatif. Jadi pembelajaran di Perpustakaan ini sangat memperhatikan kaidah-kaidah dalam pembelajaran atau mengajar. (By.Tm)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan