PROGRAM (PART II)

BIDANG PRODUKSI RUMAHAN

Satu kampung satu produk setiap tahunya, ini bisa diambilkan dari gambaran modal dana untuk kegitan bimtek kepala kampung yang keluar dareah, kita balik arah dengan mendatangkan tenaga ahli keterampilan atau produk tertentu, sebagian dana sebagian modal bahan baku, sehingga dapat dibuatlah satu produk untuk setiap tahunya, ini bisa dikembangkan dengan baik apabila penanganan secara baik, dievaluasi secara rutin, dan memiliki visi kedepan yang kuat.

berapa produk yang dihasilkan setiap tahun, dan akan berapa lama produk tersebut bertahan. produk ini akan dipasarkan melalui kegiatan rutin setiap tahunya pada acara gebyar seni tradisional misalnya festival seni tradisional kuda lumping tulang bawang

usaha isi ulang air minum disetiap kampung, artinya kebutuhan akan air minum masyarakat di sebuah kampung dapat terakomodir oleh sebuah usaha milik kampung

jahe instan, ini bisa terwujud secara bertahap dengan pemanfaatan sampah dapur baik yang organik maupun unorganik misalnya. pemanfaatan plastik bekas sebagai wadah penganti polibag. sebagai sarana atau media tanam jahe merah. akhirnya kampung menyediakan mesin pembuat jahe instan.

kerajina perabotan berbahan kayu, kegiatan ini adalah mengkolaborasikan bidang seni dan bidang pertukangan kayu. Kegiatan ini dapat terwujut dan terus berkembang dengan terintegrasi ketika masyarakat pemerannya melek internet, sehinga kemampuan mengembangkan inovasi terbuka. Terintegrasi dengan vestifal seni tradisional ketika saat pemasaran, terintegrasi dengan publikasi via dunia maya ketika pemasaran sudah melalui dunia maya.

Kegiatan kolaborasi ini bisa  juga dilakukan dengan kegiatan lain, misalnya tukang las dengan tukang pelukis air brush, tukang kayu dengan tukang sablon, dan lain lain.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan