PROGRAM (PART1)

PROGRAM BIDANG PELAYANAN

Program ini, yaitu dibidang Pelayanan sangatlah menentukan bagaimana kampung berperan dalam melayani masyarakat. Program ini sejalan dengan program unggulan Bupati Tulang Bawang Ibu Winarti, S.E., M.H. yaitu Program BMW (Bergerak Melayani Warga)

Program pelayanan ini disahakan ada beberapa poin pelayanan, yakni sebagai berikut :

  1. Jaring Asmara, Keluhan, dan Informasi melalui unit Pelayanan Khusus

Melalui SMS Masyarakat dapat mengadukan, mengusulkan, dan memberikan masukan serta berkomunikasi dengan kampung dengan harapan dalam 24 jam x 2 sudah terjawab.

Dengan tujuan meningkatkan pelayanan dan mengoptimalkan partisipatif masyarakat dalam turut serta mebangun kampung.

  1. Papan Informasi

Papan informasi ini bentuknya adlah bangunan tembok dengan ukuran tinggi 2 meter dan lebar satu setengah meter. Papan irformasi ini dibangun disetiap wilayah RK. Didalam papan informasi tersebut dapat dipasang atau ditempelkan pengumuman-pengumuman baik itu tentang PBB, APB Kam, Jadwal ronda, dan informasi lain yang berkaitan dengan kampung serta lingkungan kampung.

  1. Surat Menyurat

Dalam surat menyurat ini seharusnya sudah berbasis komputer, Gratis,  Cepat, dan Mudah. Diera digitalisasi ini tantangan seperti diatas atau pelayanan seperti diatas sangat mudah. Banyak aplikasi tentang administrasi desa saat ini yang dengan mudah dipperoleh.

  1. Publikasi

Dalam Publikasi ini kampung dapat memberdayakan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Sebuah kelompok yang merupakan pintu gerbang dlam publikasi dan informasi tentang kampung baik yang dari luar maupun yang dari dalam.

Publikasi ini dapat dibuat Buletin Kampung dan Website, serta Medsos kampung.

BIDANG PUBLIKASI

a. Buletin Kampung

Buletin kampung iniselain sebagai sarana informasi yang dapat mengedukasi masyarakat dapat juga mendidik masyarakat dalam mengelola buletin. Pengelola ini akan terus dan terus belajarbagaimana menyajikan informasi yang bermanfaat dan tidak membosankan.

b. Pemanfaatan Internet

Melalui kegiatan ini kampung seyogyanya memiliki sarana internet, karena dengan sarana internet kampung ini akan dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :

  1. Program satu hari satu foto untuk kampungku
  2. Lima remaja dalam sehari untuk belajar internet
  3. Menggunakan internet dalam bidang usaha untuk meningkatkan ekonomi
  4. Menuju administrasi online
  5. Pelatihan IT bagi remaja dan aparatur secara berkelanjutan
  6. Bekerja sama dengan Relawan TIK, Kominfo, dan lain-lain yang sinergi.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan