PROGRAM (PART 2)

BIDANG PERTANIAN TERINTEGRASI

II. BIDANG PERTANIAN TERINTEGRASI

2.1 SUMUR BOR

Pengadaan sumur Bor disetiap jalur di kampung Dwimulyo sangatlah bermanfaat, yakni sebagai jaminan akan kebutuhan air bersih, pengisian kolah (terintegrasi dengan program satu rumah dua kolam), menyiram tanaman sayur, menyiram budi daya jahe merah, pembuatan batu bata.

Mengingat pentingnya sumur bor ini dan mahalnya pembuatan atau biaya pembuatan sumur ini, maka akan lebih efektif jika kampung melaui dana desa membeli atau mengadakan alat untuk menggali sumur bor. Dengan langkah seperti ini maka dapat dibuat oleh kampung dengan beberapa keuntunga, misalnya: lebih ringan biayanya, lebih memanfaatkan tenaga lokal, lebih bisa sewaktu-waktu pengadaannya.

2.2 Taman Sayur

Setiap satu keluarga atau setiap rumah harus memilikitaman sayur. Taman sayur sebagai wujud kekuatan bahwa sayuran untuk kebutuhan sehari-hari tidak setiap saat harus membeli. Untuk mempertahankan taman sayur tersebut dapat dilakukan dengan langkah stimulan, dengan mengontrol setiap triwulan jika dalam beberapa triwulan masih dalam kondisibaik maka perlu diberi reward bibit sayuran.

Mengapa taman sayur, karena selain kita akan memperhatikan kesuburan sayuran kita wajibkan untuk memperhatikan dari sisi estetikanya.


PERTANIAN TERINTEGRASI

2.3 Pembuatan Pupuk Masyarakat harus mampu membuat dan memanfaatkan pupuk sendiri secara baik dan benar. Untuk menunjang itu perlu dilakukan pelatihan pembuatan pupuk, pengelolaan sampah, kegiatan ini untuk menunjang terintegrasinya dengan kegiatan yang lain seperti taman sayur, taman buah kampung, budidaya jahe merah, lumbung terpendam, dan hutan kampung.

2.4 Ketahan Pangan

a. Lumbung terpendam

Tanaman kerowotan adalah tanaman pengganti nasi, tanaman ini dapat berupa:

Singkong, Gembili, Suweg, Ganyong, Garut, Uwi, Talas, Bentul, Ubi rambat, dan lain-lain.

B. PENINGKATAN PENGOLAHAN BAHAN

Ini agak sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Dan harus ditempuh. Deskripsi dari pengolahan bahan adalah sebagai berikut, misalnya singkong itu tidak dijual dalam bentuk singkong tetapi harus diolah lagi agar nilai jualnya bertambah. Misalnya dalam bentuk tiwul.Tepung mocaf, biogas ethanol, dan lain-lain.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan