BERGERAK LEBIH CEPAT DARI YANG MEREKA KIRA

“BERGERAK LABIH CEPAT DARI YANG MEREKA KIRA” Adalah semboyan yang dimiliki oleh Kampung dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawanag Provinsi Lampung.

Bergerak lebih cepat dari yang mereka kira memiliki makna, yakni bahwa kita Kampung Dwimulyo harus bekerja lebih giat lagi, lebih lama, jika orang lain satu jam maka kita harus lebih dari satu jam untuk bekerja. Jika orang lain berjalan maka kita sudah harus berlari. Sehingga perkembangan Kampung Dwimulyo dapat sama dengan kampung-kampung disekitar Kampung Dwimulyo.

Kampung Dwimulyo diresmikan pada Bulan September 2009. Maka masih termasuk sangat baru sekali, bila dibandingkan kampung-kampung yang lain diseputar Penawartama yang rata-rata di Tahun 1986 berdirinya.

 

PERENCANAAN KAMPUNG DWIMULYO (PART1)

Satu diantara yang harus dilakukan adalah dibidang perencanaan yang matang dan mengarah kepada visi dan misi. diperbanyak terobosan yang betul betul dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat tersentuh maka akan lebih mudah untuk melakukan pemberdayaan. Jika Pemberdayaan masyarakat bisa optimal maka akan terjadi hal yang luar biasa. Karena Sumber daya masyarakatlah yang paling kuat bagi perkembangan sebuah wilayah, termasuk kampung.

PERENCANAAN KAMPUNG DWIMULYO (PART 2)

Mewujudkan angan-angan tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan semangat yang tinggi, kerjasama yang bagus, mau dan mampu membuat terobosan-terobosan yang tidak biasa, mau dan mampu bekerja lebih lama dari yang seharusnya, mau dan mampu mencari dan bekerjasama dengan masyarakat yang betul-betul memiliki potensi dan loyalitas, dan lain-lain.

Kepemimpinan yang tepat untuk menyukseskan mimpi ini adalah dengan Kepemimpinan Partisipatif. Kepemimpinan ini adalah kepemimpinan yang betul-betul mampu menggerakan masyarakat untuk berpartisipasi mulai dari perencanaan sampai pada pengelolaan dan seterusnya.

Bergerak dengan prinsip adalah satu diantara faktor yang cukup signifikan dalam turut andil menyukseskan program kampung ini. Bergerak tidak seperti “AIR MENGALIR” tetapi bergerak dengan arah dan tujuan yang jelas. Ibarat aiar yang mengalir selalu ketempat yang rendah tapi dalam program ini bagaimana air itu dapat mengalir sesuai dengan yang kita inginkan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan