PEMBENTUKAN KWT DWIMULYO SEBAGAI PENOPANG EKONOMI KELUARGA

Foto Bersama setelah Pembentukan KWT Mandiri Mulya Dwimulto. Dok. Kampung

 

 

Dwimulyo,  07 Desember 2017 ǀ  Kelompok Wanita Tani adalah wadah untuk para petani wanita atau ibu-ibu yang memiliki niat untuk meningkatkan ekonomi khususnya melalui kegiatan bertani. Kelompok Wanita Tani atau kita sering menyebutnya dengan sebutan KWT ini sudah bukan hal yang baru bagi kalangan petani di negeri kita, tetapi untuk Dwimulyo, baru tahun ini bisa dibentuk.

Dengan terpilihnya Kepala Kampung Dwimulyo periode 2017-2023 ini mulailah membuka kesempatan semangat baru untuk mengembangkan potensi ibu-ibu melalui berbagai kegiatan ibu-ibu, satu diantaranya adalah KWT. Pada hari ini Kamis, 07 Desember 2017. Dengan dihadiri oleh Ketua BPP Kecamatan Penawartama Bapak Villius Yuliwinarno dan PPL Pertanian Bapak wayan serta seluruh aparatur dan Ibu-ibu Kampung Dwimulyo menyaksikan pemilihan Kepengurusan Kelompok Wanita Tani Kampung Dwimulyo.

Setelah melalui berbagai proses, terpilihlah kepengurusan KWT Kampung Dwimulyo yang diberi nama KWT Mandiri Mulya, dengan susunan kepengurusan sesuai dengan kutipan Berita Acara Pembetukan KWT sebagai berikut yang diketuai oleh Ibu Kiki Wahyuni dengan perolehan suara Sepuluh suara dari dua puluh enam suara, yang hadir saat ini :

 

BERITA ACARA

PEMBENTUKAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT)

 

 

Pada hari ini Kamis tanggal Tujuh Bulan Desember Tahun Dua Ribu Tujuh Belas, telah dilaksanakan musyawarah bertempat di Balai Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi lampung. Hadir dalam musyawarah tersebut dari Balai Penyuluh Pertanian Penawartama, Gapoktan Dwimulyo, dan Pamong serta masyarakat atau ibu-ibu.

 

Hasil dari musyawarah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Periode

Susunan sebagai mana terlampir dalam Berita Acara ini.

  1. Penyusunan Program Kerja KWT.
  2. Pembuatan Proposal usulan bantuan ke dinas terkait.

 

Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenarnya, dan semoga dapat dipergunakan sebagai pedoman selanjutnya.

 

 

SUSUNAN PENGURUS

KELOMPOK WANITA TANI (KWT)

“MANDIRI MULYA”

 

 

KETUA                                               : KIKI WAHYUNI

WAKIL KETUA                                  : SRI MESWATI

SEKRETARIS                                     : YUNI KUSMIATI

BENDAHARA                                   : ASIH TRIANTI

 

SEKSI-SEKSI:

  1. HUMAS :                              1. SUKARNI
  2.                                               2. EKA ANGGRAINI
  3.                                               3. SURATMI
  4.                                               4. FATIMAH
  5. PENGOLAHAN HASIL          : INDAH PURNAMA SARI
  6. PEMASARAN                        : KOMSATUN
  7. BUDI DAYA                            : SITI MAESAROH

 

ANGGOTA                                        :

KANDIDAT CALON KETUA KWT KAMPUNG DWIMULYO. DOK. KAMPUNG

 

Pembetukan KWT ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui berbagai kegiatan dibidang pertanian, seperti pembuatan Toga, kegiatan pertanian yang lain seperti warung hidup atau tanaman sayur-sayuran, pembibitan, mulai bibit sayuran sampai dengan bibit buah-buahan, pembuatan lumbung terpendam, kemudian kegiatan perikanan dengan mengembangkan kolam ikan. Kegiatan keterampilan ibu-ibu seperti merajut, pembuatan kerajinan dengan kain flanel, dan kegiatan membatik, yakni batik tulis.

KWT dimulai dengan membatik bekerjasama dengan Rumah Batik Tulis Shiha Ali Penawartama, kemudian untuk menambah wawasan dengan adanya kunjungan rutin ke Perpustakaan Anugrah Dwimulyo.

Harapan terbesar Kampung Dwimulyo dengan terbentuknya KWT ini adalah memiliki kemampuan swasembada atau kemandirian dalam bidang ekonomi, sehingga satu atau dua tahun kedepan, betul-betul menjadi Kampung yang Mandiri seperti visi dan misi Kampung Dwimulyo.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan