PELATIHAN LINMAS

 

Babimkamtipmas Melakukan Pembinaan Linmas Dwimulyo

Dwimulyo, 19 Desember 2017. Desa.id. Pelatihan Linmas baru, di Kampung Dwimulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung pada tanggal 19 Desember 2017. Dilakukan oleh Pemerintahan Kampung Dwimulyo bekerja sama dengan Polsek Penawartama dan Koramil Kecamatan Menggala, dalam hal ini diwakili oleh Babinsa dan anggota Babimkamtipmas untuk Kampung Dwimulyo. Pelaihan ini dipustakan di Balai Kampung Dwimulyo.

Pembinaan ini diisi dengan berbagai materi, diataranya adalah :

  1. Baris Berbaris
  2. Pengetahuan tentang penanganan kriminalitas dikampung beserta tindakannya
  3. Wawasan Kebangsaan
  4. Pengetahuan tentang keorganisasian Linmas
  5. Pengetahuan tentang Narkoba dan kriminalitas
  6. Kerjasama Lintas Linmas

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, dengan tambahan pembinaan dari tokoh Kampung Bapak Sutrisno tentang Penggunaan Media Elektrooonik sebagai Penunjang kinerja Linmas. Diantaranya bagaimana memanfaatkan android sebagai alat penunjang dalam komunikasi dalam membantu koordinasi dengan Linmas-linmas kampung tetangga, dan bagaiman ketika ada pembegalan dapat ditindak dengan sigap, cepat, dan tepat. Sehingga diharapkan dapat memulihkan keamanan terutama pembegalan.

Peserta Pelatihan linmas ini diikuti oleh 12 orang. Linmas baru dan linmas lama.  Dari sisi usia Linmas ini sudah kategori usia dewasa semua, hanya satu dua orang saja yang masih muda. Namun meskipun demikian tidak mengurangi kekompakan, kegesitan, dan kesigapan dalam bertindak.

Linmas memiliki tugas yang berat selain mengawal pemerintah kampung juga menjaga ketertiban masyarakat.

Menegakkan ketertiban dengan membantu memberikan wawasan dan penerangan terhadap masyarakat terkait dengan peraturan kampung, aturan kampung, pengumuman tentang kegiatan siskamling, dan juga tentang kontrolan  setiap malam untuk masyarakat yang sedang  melaksanakan kewajiban siskamling.

Pelatihan Linmas Kampung Dwimulyo Tahun 2017

Kerjasama antar Linmas antar kampung sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kinerja dengan memperluas jaringan lintas kampung. Mengingat sekarang ini sering terjadi pembegalan atau tindakan kriminal dilintas kampung atau daerah perbatasan antara kampung yang satu dengan kampung sebelahnya.

Pelatihan ini diharapkan sering dilakukan dengan begitu diaharapkan akan terjadi kordinir yang matang. Pelatiahan atau pembeninaan ini setelah sekian lama akan diadakan pengevaluasian, kemudian diadakan pelatihan lagi segingga betul-betul terjadi sinergi dan menjadi hal sudah matang.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan